Pelindo Multi Terminal Pelruas Wilayah Operasional di Kalimantan Tengah dan Jawa Timur

Sebarkan:

Penyambutan Kapal MT Berkat Selatan oleh Tim SPMT Branch Tanjung Wangi. (foto:mm/ist)
MEDAN - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) selaku subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) memperluas jangkauan layanannya dengan dimulainya operasional kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Pelabuhan Bagendang, Kotawaringin Timur, dan Pelabuhan Bumiharjo, Kotawaringin Barat, terhitung Maret 2022. 

Hal ini ditandai dengan digelarnya Doa Bersama Go Live Operasional secara serentak di tiga pelabuhan ini, Selasa (1/3/2022) dihadiri Komisaris Utama PT Pelindo Multi Terminal Darwanto & Komisaris Independen SPMT Ahmad Perwira Mulia Tarigan didampingi Direktur SDM SPMT Ady Sutrisno dan Direktur Teknik SPMT Prakosa Adi Takariyanto.

Kegiatan juga diikuti secara daring oleh Dewan Komisaris, Jajaran Direksi SPMT, serta Regional Head 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Kegiatan juga dirangkai penyaluran bantuan santunan untuk anak yatim sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Komisaris Utama PT Pelindo Multi Terminal Darwanto mengatakan, dengan bergabungnya Pelabuhan Tanjung Wangi, Bagendang, dan Bumiharjo akan semakin memperkuat SPMT dalam mencapai target kinerja di tahun 2022 ini, dengan potensi besar yang dimiliki ketiga pelabuhan ini sebagai gerbang perekonomian di Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo mengatakan, SPMT akan mengoperasikan 22 Terminal Non-Petikemas yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Selain itu, SPMT juga mengelola 12 Terminal Non-Petikemas melalui dua anak perusahaannya, PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyambutan kapal perdana di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi yang dilakukan pada Rabu, 2 Maret 2022, yaitu MT Berkat Selatan, dengan pemberian cinderamata oleh SVP Pengelolaan Operasi SPMT I Wayan Wirawan dan Branch Manager SPMT Tanjung Wangi Pitria Kartikasari kepada Capt. Achmad Effendi dari PT Djakarta Lloyd (Persero) selaku pengguna jasa. MT Berkat Selatan merupakan kapal tanker berbendera Indonesia yang melakukan muat BBM berjumlah total 400 Metrik ton di Pelabuhan Tanjung Wangi.

Selain itu juga dilakukan penyambutan kapal perdana di Pelabuhan Bagendang dan Bumiharjo, dengan masing-masing kapal adalah KM Barito Mas V14 yang melakukan bongkat muat petikemas di Pelabuhan Bagendang, serta TK Trust Line 909, kapal curah kering yang melakukan muat kernel di Pelabuhan Bumiharjo.

Dimulainya operasional Pelabuhan Tanjung Wangi, Bagendang, dan Bumiharjo oleh SPMT ini menjadi kelanjutan dari penandatanganan kesepakatan serah operasi bisnis PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan SPMT pada 29 Desember 2021 lalu, dan telah dilaksanakannya serah operasi Pelabuhan Dumai, Belawan, dan Tanjung Intan. (awal/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini