Rapat Tim Pora, Kakanwil Kemenkumham Sumut Bahas Isu Strategis Keimigrasian

Sebarkan:

Kepala Kantor Imigrasi Kepas I TPI Polonia Yan Wely berfoto bersama usai Rakor Tim Pora Sumut. (foto/ist)
MEDAN – Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia(Kemenkumham) Sumatera Utara, Drs. Imam Suyudi, Bc.IP, SH, MH, membuka rapat kolaborasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora), di pesanggrahan Sola Gratia, Deliserdang, Senin (21/3/2022).

Rapat kolaborasi Tim Pora 2022 mengangkat tema"Sinergitas Tim Pora dalam tatanan kebiasaan baru untuk mengoptimalkan penegakan hukum keimigrasian".

Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi mengatakan,Divisi Keimigrasian selaku leading sektor melaksanakan kebijakan lintas batasdan kerjasama luar negeri, sebagaimana diatur dalam UU nomor: 6 tahun 2011. "Meskipun diatur dalam undang-undang, tidak mutak hanya menjadi tanggungjawab imigrasi, namun menjadi tanggungjawab semua unsur sesuai fungsi dan tanggungjawab masing-masing," pungkas Imam Suyudi.

Dalam kesempatan ini, Imam Suyudi juga membahas seputar isu strategis Imigrasi, khususnya di wilayah Sumut, diantaranya pandemi COVID-19. Keimigrasian diminta memaksimalkan pengawasan keberadaan WNA maupun WNI yang memiliki riwayat perjalanan keluar negeri. "Imigrasi harus berkolaborasi dengan instansi lain termasuk Dinas Kesehatan dan Badan Karantina Kesehatan," tegasnya.

Kemudian sambung Imam Suyudi, terkait kerja keras Tim Pora yang melaukan penangkapan sejumlah kapal nelayan yang melakukan pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI).  Kakanwil minta Imigrasi memperkuat sinergitas dan kolaborasi dengan instansi lain dalam melakukan pengawasan dan penindakan, terutama di wilayah perairan Tanjung Balai Asahan (TBA).

“Sesama Tim Pora bahu membahu dan bekerjasama dalam hal tukar menukar informasi maupun operasi bersama apabila ada ditemukan pelanggaran. Seluruh elemen masyarakat agar berperan aktif dalam pengawasan orang asing dan Divisi Keimigrasian memberikan wadah serta komunikasi yang baik diantara sesama anggota Tim Pora," harap Kakanwil.

Rapat Tim Pora dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto, dengan Peserta Rapat Tim Pora ini terdiri dari unsur Kanwil Kemenkumham Sumut, Polda Sumut, Kesbangpol Sumut, Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Sumut, Kodam I/BB, Badan Narkotika Nasional Sumut.

Selain itu juga hadir Kejati Sumut, Lantamal I Belawan, Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, dan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Keimigrasian se-Kanwil Kemenkumham Sumut dan Kepala Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Yan Wely Wiguna didampingi Kasi Inteldakim, Sugeng Haryadi. (bari/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com