Enam Komplotan Pelaku Pencurian Digulung Polisi

Sebarkan:

SERGAI (MM) - Satreskrim Polres Serdang Bedagai berhasil menangkap enam pelaku pencurian dari berbagai lokasi sekaligus mengamankan sejumlah barang bukti.

Wakapolres Serdang Bedagai Kompol Sofyan didampingi Kasat Reskrim AKP Made Yoga Mahendra, Kasi Humas AKP R Gultom mengatakan, pengungkapan kasus berdasarkan laporan korban, Anggi Kurniawan (27) warga Kota Bandung.

Sesuai laporan korban, kata Kompol Sofyan, peristiwa itu terjadi Selasa (22/2/2022) pukul 02.00 WIB, tepatnya di PT. Bina Pertiwi di Dusun XV, Desa Suka Damai, Sei Bamban, Sergai.

Dalam laporannya korban kehilangan ban type 10.00R20TR668/T tire triangle di halaman kantor PT. Bina Pertiwi sebanyak 10 buah yang dilihat melalui rekaman video CCTV yang sebelumnya diketahui oleh saksi M. F Hasibuan. 

Selanjutnya, saksi  memberitahukan kepada pelapor bahwa ban tersebut hilang saat saksi mengecek barang pada pukul 08.00 WIB .

Pelapor langsung mengecek dan benar memang ban yang sebelumnya berjumlah 70 buah menjadi sisa 60 buah, akhirnya pelapor langsung membuka rekaman CCTV dan terlihat 2 mobil di sekitar waktu kejadian sehingga diyakini ban tersebut dicuri dengan nilai sebesar Rp25 juta. 

Kemudian pada Selasa tanggal 19 April 2022, Unit Pidum Polres Sedang Bedagai Berhasil mengamankan pelaku pencurian dan pembobolan Toko Grosir di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai.

Operasi penangkapan para pelaku, sebut Wakapolres, dipimpin Kanit Pidum IPDA Bima Prakasa, Dimana awalnya  Unit Pidum Polres Sergai mendapatkan informasi dari personel yang melaksanakan KRYD dengan Patroli malam hari diwilayah Sergai, bahwa mobil yang di gunakan komplotan pelaku pembobolan toko grosir yang terjadi di beberapa titik diwilkum Polres Sergai sedang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai.

Mendapatkan informasi tersebut, Unit Pidum Polres Sergai langsung melakukan upaya pengejaran mobil yang di curigai digunakan komplotan tersebut dan Unit Pidum berhasil mengamankan mobil yang sedang dikendarai oleh salah satu pelaku dari komplotan tersebut yang bernama Putra Situmorang dan dilakukan pengembangan untuk mengamankan pelaku lainnya. 

Akhirnya, kata Sofyan, Unit Pidum Polres Sergai berhasil mengamankan Bambang Sumantri,  Riski Ramadani,Dimas Prayoga,Frenky Pasaribu,dan Dedek Irawan di tempat tinggalnya masing-masing," katanya, Senin (25/4/2022).

"Modus para pelaku sewaktu membobol toko grosir dengan cara merusak saluran air bawah dan masuk kedalam area kantor dan mengambil ban yang diletakkan di halaman depan kantor," terang Kompol Sofyan. 

Selain itu, Unit Pidum Polres Serdang Bedagai turut mengamankan barang bukti 1 unit Mobil Xenia warna putih Nopol BK 1451 ZT m, Indone 4 Dus,  kunci pas nomor 14, sebuah kunci leter T dan anak kunci. 

Menurut Wakapolres, ada lima laporan korban pencurian dan kita masih melakukan pengembangan lokasi kejahatan para pelaku. Diantaranya,  1 LP di Tanjung Beringin,  2 LP di Polsek Firdaus, Polres Deli Serdang dan Polres Tebing Tinggi 

Para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana ancaman hukuman maksimal 7 Tahun penjara. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com