'SIPOLAN PIKNIK' Imigrasi Polonia Berikan Pelayanan TKA di Sekolah Internasional

Sebarkan:

Petugas Imigrasi Kelas I TPI Polonia melakukan poto bagi warga TKNA. (foto/ist)
MEDAN (MM) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan memberikan pelayanan jemput bola.

Sekolah Internasional di Komplek Royal Sumatera mengajukan permohonan izin tinggal untuk Tenaga Kerja Asing (TKA) bidang pendidikan dan pelatihan.

Selanjutnya petugas Imigrasi memberikan konsultasi mengenai infomasi keimigrasian, wawancara  dan foto biometrik di sekolah internasional tersebut. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Yan Wely Wiguna mengatakan, kehadiran petugas di sekolah internasional merupakan bukti nyata komitmen Imigrasi dalam meningkatkan pelayanan dan pengawasan keimigrasianbagi warga asing yang tinggal di Indonesia."Pelayanan di luar kantor ini salah satu wujud Imigrasi dalam meningkatkan pelayanan serta pengawasan," kataYan Wely  Wiguna, Selasa kemarin.

Jika sebelumnya warga harus datang ke kantor Imigrasi, sambung Yan Wely, kini petugas Imigrasi yang datang menjemput bola menyambangi WNA pemohon izin tinggal.

Tentunya kemudahan ini tak lepas dari inovasi yang dilakukan Imigrasi Polonia dengan hadirnya aplikasi "SIPOLAN PIKNIK". Pemohon izin tinggal dapat mengajukan permohonan secara online melalui website https://izintinggal-online.imigrasi.go.id.

Dengan mengajukan permohonan, selanjutnya petugas Imigrasi mendatangi pemohon untuk melakukan foto, wawancara dan sidik jarinya di tempat tinggal pemohon. 

"Pelayanan prima ini kita berikan kepada masyarakat. Petugas akan mendatangi tempat tinggal pemohon dengan membawa mobile unit untuk memproses izin tinggalnya. Jadi  pemohon nggak perlu datang ke kantor untuk foto dan sidik jari. Setelah selesai, dokumennya 

juga dapat di antar petugas ke penjaminnya," pungkas Yan Wely, sembari menyatakan selain memudahkan pemohon, petugas Imigrasi sekaligus dapat melakukan pengawasan keimigrasian. 

Bagaimana pengawasannya? Justru dengan petugas datang, dapat sekaligus untuk memastikan kebenaran tempat tinggal orang asing tersebut sesuai dengan izin tinggal yang diajukan ke kantor imigrasi. Petugas imigrasi juga dapat mengetahui aktifitasnya sesuai dengan izin yang diterbitkan.

Inovasi aplikasi "SIPOLAN PIKNIK" merupakan akronim dari Imigrasi Polonia Pelayanan WNA Biometrik Keliling. Inovasi ini dibuat, mengingat banyaknya  warga negara asing (WNA) di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia yang terdiri dari sebagian di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Inovasi Sipolan Piknik ini juga merupakan salah satu inovasi unggulan untuk WNA di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia dalam meraih predikat WBK (wilayah yang bebas dari korupsi). Ada beberapa

kategori yang mendapatkan pelayan ini yaitu sakit, lansia, anak di bawah umur dan alih status keimigrasian. (bari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini