Tepung Tawari Calhaj, Bobby Nasution Titip Doa untuk Medan Berkah

Sebarkan:
Wali Kota Medan Bobby Nasution menepung tawari Calhaj.(foto/ist)
MEDAN (MM) - Wali Kota Medan, Bobby Nasution menepungtawari 1077 Calon Haji (Calhaj) Kota Medan, Senin (23/5/2022) di Gedung Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU). Bobby Nasution mengharapkan mendoakan Medan menjadi kota yang berkah.

"Kami titip doa di Tanah Suci nanti, agar Medan menjadi kota yang berkah, agar yang kami lakukan menambahkan kebaikan bagi negara, kota, dan agama," ungkap Bobby Nasution acara Silaturahmi Halal Bi Halal dan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kota Medan 1443 H itu.

Pada acara yang dihadiri unsur Forkopimda, Rektor UINSU Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman, Wakil Ketua DPRD Medan Rajudin Sagala, tokoh agama, segenap pimpinan OPD dan calhaj se-Kota Medan itu, Bobby Nasution meminta seluruh calhaj menjaga kesehatan agar baik melaksanakan ibadah haji.

"Jaga kesehatan agar menunaikan ibadah haji ini dengan baik dan lancar dan pulang sebagai haji yang mabrur," ungkap Bobby Nasution yang saat itu juga memberikan cendera mata kepada calhaj.

Bobby Nasution,  tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan ibadah haji setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Dan memang, lanjutnya, terjadi pengurangan kuota jamaah haji. Kuota untuk Sumut sebanyak 3.000, sebanyak 1.077 berasal dari Medan.

Kendati Kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan pelaksanaan ibadah haji, lanjut Bobby, ada berbagai persyaratan terkait kesehatan yang harus dipenuhi.

"Di antaranya adalah seluruh jamaah harus sudah melakukan vaksinasi secara lengkap. Selain itu, maksimal tiga hari sebelum keberangkatan, calhaj sudah harus melakukan PCR," ucap Bobby Nasution.

Saat memberikan sambutan, Bobby Nasution juga meminta Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman naik ke panggung. Bukan hanya mendampinginya, Bobby Nasution juga meminta agar Aulia Rachman berbicara  di hadapan para calhaj tersebut.

Aulia Rachman pun berbicara dengan kembali menekankan agar calhaj menjaga kesehatan dan mendoakan Kota Medan agar berkah.

"Selain itu doakan pula agar Allah memudahkan Wali Kota untuk mengubah Kota ini menjadi lebih baik lagi," harapnya.

Pada acara yang diisi ceramah Prof. Dr. H. Syahrin Harahap itu, Forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga menyelempangkan sorban kepada Bobby Nasution dan Aulia Rachman. Penyelempangan sorban ini merupakan ungkapan terima kasih atas perhatian Pemko Medan terhadap pelaksaan dan calon jamaah haji kota ini.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap dalam ceramahnya mengatakan, makna hakiki dari mabrur itu adalah bermanfaat bagi orang lain. Artinya, sepulang dari menunaikan ibadah haji, jamaah menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain.

Dia pun menyebutkan ada empat ciri dari haji yang mabrur itu. Keempatnya, adalah baik, pemurah, alim, dan mengayomi. (ahmad rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com