Pacu Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah 4 SPKLU di Sumut

Sebarkan:

MEDAN (MM) - PLN UIW Sumatera Utara siapkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik dan targetkan penambahan 9 SPKLU lagi beroperasi pada Semester Kedua Tahun 2022 di Wilayah Sumatera Utara.

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara terus berupaya menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Wilayah Sumatera Utara.

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, Rabu (8/6/2022) mengatakan PLN UIW Sumatera Utara kembali mengoperasikan 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di City View Medan, Tebing Tinggi, Parapat dan Berastagi. Dengan beroperasi 4 SPKLU ini, maka total SPKLU yang telah beroperasi di Sumatera Utara menjadi 5 SPKLU.

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. 

PLN ditugaskan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung penggunaan kendaraan listrik, PLN mendapatkan amanah untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, sehingga masyarakat Kota Medan yang ingin memiliki dan menggunakan kendaraan listrik untuk mengunjungi objek wisata seperti Parapat dan Berastagi tidak perlu khawatir mencari dimana untuk melakukan pengisian baterai kendaraannya,” ungkap Pandapotan Manurung.

Peresmian serentak SPKLU di Parapat di hadiri langsung oleh Bupati Simalungun Bapak Radiapoh Hasiolan Sinaga, Pandapotan Manurung beserta jajaran management, Manager UP3 Pematang Siantar Petrus Gading Aji Nugraha Putra, jajaran muspida dan tokoh masyarakat di Kabupaten Simalungun. Di tempat berbeda peresmian SPKLU juga dilakukan secara hybrid yang diikuti oleh Bupati Karo Ibu Cory Sriwaty Sebayang, Manager UP3 Bukit Barisan Grahita Gumelar dan Manager UP3 Medan Hariadi Fitrianto.

“Danau Toba dan Berastagi merupakan kawasan objek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat, demi terwujudnya ramah lingkungan PLN memprioritaskan pembangunan SPKLU di kawasan ini. Pembangunan SPKLU ini awalnya di targetkan siap beroperasi pada Bulan September 2022, namun pembangunan tersebut dapat kami selesaikan melampaui target yang telah di tetapkan,” tambah Pandapotan Manurung

Pemerintah daerah Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo mengapresiasi langkah cepat PLN dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Sumatera Utara. Harapannya semakin banyak pengguna kendaraan listrik dapat mewujudkan zero carbon di tahun 2060 mendatang.

Komunitas Kendaraan Listrik Tanah Karo

Pada kesempatan yang sama PLN UP3 Bukit Barisan meresmikan terbentuknya komunitas kendaraan listrik yang dilaksanakan di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Berastagi, Jalan Udara, Berastagi.

Komunitas ini merupakan perkumpulan kendaraan ramah lingkungan pertama di Kabupaten Karo bahkan di wilayah Sumatera Utara.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukit Barisan, Grahita Gumelar menjelaskan, komunitas ini di beri nama Electric Vehicle Think (EV Tgink), merupakan gabungan generasi milenial Kabupaten Karo yang peduli untuk mewujudkan objek wisata yang ramah lingkungan.

“Dengan terbentuknya komunitas EV Think di Kabupaten Karo, akan mendorong masyarakat khususnya di Kabupaten Karo dapat beralih menggunakan kendaraan listrik,” papar Grahita Gumelar.

Anggota Komunitas (EV Think) ini tidak hanya memiliki hobi menggunakan kendaraan listrik saja, lebih dari itu salah satu anggota komunitas tersebut mampu merakit dan memodifikasi sepeda motor lama yang masih menggunakan bahan bakar fosil menjadi listrik.

“PLN UIW Sumatera Utara terus mendukung program pemerintah dalam percepatan penggunaan motor listrik di Sumatera Utara. Pada semester 2 tahun 2022, PLN akan mengoperasikan 9 SPKLU yang tersebar di beberapa titik di Sumatera Utara,” tutup Pandapotan Manurung. (Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini