Sembilan Ekor Hewan Sapi di Madina Terindikasi PMK

Sebarkan:

MADINA (MM) - Sembilan ekor hewan sapi terindikasi terkena Penyakit Mulat Kuku (PMK). Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) yang mendapat laporan dari masyarakat langsung turun kelokasi di Tobat Bolak, Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan. 

Kesembilan ekor sapi yang terindikasi PMK langsung diberikan penyuntikan vitamin dan anti biotik. Selain itu penyemprotan kandang juga sudah dilakukan. 

Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution yang didampingi Kabid Perternakan Franky Hidayat menyebutkan sembilan hewan sapi yang terindiakasi PMK ini bukan berasal dari luar daerah. "Hewan yang terindikasi ini bukan dari luar daerah melainkan yang sudah lama dipelihara disini," ucap Siar Sabtu (11/6/2022).

Dikatakan Siar sejauh ini sudah ada 16 ekor hewan sapi yang terjangkit PMK, dan kondisinya saat ini sudah berangsur membaik. "Sebelumnya ada 16 dan itu sudah kita lakukan penyuntikna dan peneyemprotan, dan alhamdulillah saat ini kondisinya sudah membaik," katanya.

Siar menghimbau kepada masyarakat yang menemukan adanya indikasi atau gejala PMK pada hewan sapi harap melaporkannya Kepada Dinas Pertanian melalui penyuluh yang ada disetiap Desa. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini