Anti Cekak di Akhir Bulan, Inilah Tips Hemat yang Bisa Dilakukan

Sebarkan:

Ilustrasi/net
MEDAN (MM) - Beberapa orang mungkin sulit menerapkan tips hemat akhir bulan. Apakah Anda juga salah satunya? Apalagi di era sekarang, kebutuhan manusia semakin beragam seiring perubahan gaya hidup.

Bahkan, kemajuan teknologi juga berpengaruh pada perubahan konsumsi di masyarakat. Itulah kenapa harga untuk kebutuhan menjadi lebih mahal. Untuk orang-orang yang mungkin hanya mendapatkan gaji seadanya saja, terkadang susah untuk bisa menghemat. 

Pengeluaran rutin seperti listrik dan air saja sudah banyak. Belum lagi pengeluaran penting lainnya. Tak heran jika banyak yang melakukan pinjaman dana untuk bisa memenuhi kebutuhannya. 

Inilah Tips Anti Kantong Kering di Akhir Bulan yang Bisa Diterapkan 

Akhir bulan tampak selalu menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Karena di akhir bukan, seseorang mendapatkan gaji sekaligus mengeluarkannya secara langsung.

Bahkan, gaji di awal bulan kadang tidak mencukupi untuk sampai akhir bulan. Namun, ada tips yang bisa dilakukan agar anti kantong kering. 

1.Membuat dan Komitmen pada Anggaran Keuangan

Salah satu tips yang bisa dilakukan agar bisa berhemat di akhir bulan adalah dengan membuat anggaran keuangan. Masih banyak orang yang kesulitan membuatnya karena takut akan percuma. Memang, terkadang kebutuhan yang mendesak selalu saja datang, tapi dengan membuat anggaran Anda bisa lebih tahu ke mana saja yang itu lari. 

Membuat anggaran bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan lebih baik. Selain itu, tips untuk hemat di akhir bulan ini bisa membantu untuk melihat jenis pengeluaran apa saja yang dibutuhkan secara rutin setiap bulannya. Alhasil, Anda bisa menyiapkan kebutuhan sesuai perkiraan sebelumnya. 

2.Mencari Penghasilan Tambahan

Tips selanjutnya untuk menghemat saat akhir bulan yang bisa dilakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Di era seperti sekarang, hanya mengandalkan satu pemasukan saja tidaklah cukup. Hal ini mengingat kebutuhan manusia dan biaya yang semakin mahal karenanya. 

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kantong kering di akhir bulan, Anda bisa mencari penghasilan tambahan yang mudah dilakukan. Misalnya, berjualan secara online, menjual pulsa listrik, desain, dan lain sebagainya. Selain mendapat keuntungan, tentunya hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas diri. 

3.Hindari Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Terkadang seseorang membeli barang yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Mungkin karena bentuknya yang unik, menarik, atau mempunyai pikiran bisa digunakan sewaktu-waktu membuat seseorang membelinya. Padahal, saat sudah dibeli, belum tentu barang tersebut digunakan. 

Jadi, daripada membeli barang yang tidak dibutuhkan, ada baiknya untuk membeli barang sesuai kebutuhan. Jika ingin sesuatu, cobalah untuk menahannya selama beberapa waktu. Jika memang benar-benar butuh, barulah membelinya. Dengan begitu, uang pun tidak akan terbuang secara cuma-cuma. 

4.Membawa Bekal

Salah satu penyebab seseorang mengalami kantong kering di akhir bulan adalah tidak membatasi diri untuk makan di luar. Saat ada teman yang mengajak makan di luar, Anda selalu mengiyakan karena takut dianggap tidak setia kawan atau hal-hal negatif lainnya. 

Padahal, terkadang makan di luar menghabiskan uang yang mungkin bisa untuk 2-3 hari ke depan. Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali menolak ajakan teman untuk makan di luar. Sebagai gantinya, Anda bisa membawa bekal makanan. Selain sehat, tapi juga sebagai tips hemat akhir bulan, bukan? 

5.Mencari Hiburan yang Murah Meriah

Siapa bilang hemat itu membuat hidup terasa tidak menyenangkan? Meski tidak ada uang, bukan berarti Anda tidak bersenang-senang, bukan? Ada banyak tips hemat di akhir bulan yang bisa dilakukan dengan cara menyenangkan. Salah satunya mencari hiburan yang murah bahkan gratis. 

Banyak sekali hiburan yang murah atau gratis yang mungkin tersedia di daerah Anda. Atau Anda juga bisa mendapatkan hiburan melalui aplikasi online. Selain itu, bisa juga dengan mengajak beberapa teman untuk melakukan permainan yang seru di rumah. 

6.Menyisihkan Uang untuk Keadaan Darurat

Tips menghemat akhir bulan yang bisa Anda lakukan adalah menyisihkan uang untuk keadaan darurat. Terkadang, ada-ada saja keadaan darurat yang mengharuskan seseorang untuk menarik uang di ATM. Nah, cara ini tentu saja akan membuat pengeluaran semakin membludak jika Anda berani mengganggu ATM. 

Ada baiknya tabungan di ATM untuk sesuatu di masa depan. Sementara, untuk kebutuhan yang mendesak bisa dibayar menggunakan uang untuk keadaan darurat. Jika kebutuhannya besar dan tidak cukup, barulah terpaksa Anda menggunakan tabungan di ATM. 

7.Memanfaatkan Diskon Maupun Promo Sumatera Utara

Tips hemat akhir bulan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan promo atau diskon. Saat ini sudah banyak sekali situs belanja online yang menawarkan diskon pada produknya. Anda bisa melakukan belanja kebutuhan dengan hemat setiap bulannya tanpa perlu khawatir mengeluarkan lebih banyak uang. 

Selain itu, bagi Anda warga Sumatera Utara, Blibli memiliki penawaran khusus yang bisa Anda manfaatkan, yakni di Promo Sumatera Utara untuk bisa berbelanja sepuasnya. Salah satu promo ini bisa ditemukan pada marketplace Blibli. Tentunya, marketplace tersebut sudah tidak asing lagi, bukan? 

Blibli menghadirkan promo untuk masyarakat yang berada di Sumatera Utara agar bisa mendapatkan produk yang diinginkan melalui harga murah. Hal inilah yang bisa membuat Anda melakukan tips hemat akhir pada bulan dengan mudah. Ditambah lagi Blibli hadir dengan gratis ongkir sehingga produk yang didapatkan benar-benar terjangkau. 

Tips hemat akhir bulan tidak akan terlaksana jika Anda masih suka menghamburkan uang. Ada baiknya untuk mulai menghemat agar masa depan nantinya cerah. Selain itu, berhemat busa membantu seseorang untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhannya, bukan keinginannya. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini