Diapresiasi Ketum LRKRI, UMKM Bandrek Joeli Tembus Pasar Nasional

Sebarkan:
Ketum LRKRI, Jasmi Harahap bangga dengan produk UMKM Batubara, Bandrek Joeli. (foto/ist)
BATUBARA (MM) – Ketua Umum Lembaga Ruang Keadilan Rakyat Indonesia (LRKRI) Jasmi Harahap merasa bangga produk UMKM UD. Sinar Baru, asal Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, yang memproduksi minuman herbal Bandrek Joeli, Kunyit Asam, dan Temu Lawak, mampu menembus pasar nasional.

“Sebagai putra daerah, LRKRI merasa bangga ternyata UMKM lokal asal Batubara sudah berhasil menembus pasar nasional,” kata Jasmi Harahap, Sabtu (16/7/2022).

Selain rasanya yang khas, Jasmi juga mengapresiasi kemasan minuman herbal UD.Sinar Baru yang sudah kekinian. “Walaupun dikemas secara manual, namun Bandrek Joeli sudah menggunakan desai digital dan kemasan modern,” ujar Jasmi.

Mengenai harga, Bandrek Joeli tak kalah saing dengan produk-produk lain di tanah air. Apalagi, UD.Sinar Baru sudah mengantongi izin P-IRT dan BPOM MUI Sumut.

Sementara itu, owner UD. Sinar Baru, Subari didampingi istrinya Ayu Armiati  menyampaikan terima kasih kepada Ketum LRKRI, yang sudah berkenan menjadi pelanggan tetap Bandrejk Joeli.

Dalam bincang-bincang sembari menyeruput secangkir bandrek, Subari  mengatakan, majunya UD.Sinar Baru tak lepas dari peranan pemerintah daerah (Pemkab Batubara) dan PT. Inalum.

Subari juga membagikan tips-tips dalam memulai usaha UMKM. Untuk memulai usaha tidak cukup sebatas modal dan tenaga, namun harus terus menerus untuk belajar serta razin mengikuti seminar UMKM. “Alhamudillah, Pemkab Batubara dan Inalum selalu mengundang UD.Sinar Baru dalam beragam seminar, baik tingkat lokal maupun Sumut,” ujarnya.

Dari sinilah, sambung Subari, UD.Sinar Baru banyak belajar tentang kemasan, desain gambar produk hingga cara pemasaran baik tradisional hingga melalui media sosial.

“Sebaik apapun produk yang kita sajikan, jika gagal dalam pemasaran ya sama saja. Oleh karena itu, sebagai pelaku UMKM kita harus memiliki jaringan yang luas,” kata Subari, sembari mengingatkan akan pentingnya perizinan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan promosi dan jualan melalui facebook (FB)  Bandrek Sinarbaru Joeli dan Instagram Bandrek Sinarbaru Joeli. Untuk memanjakan pelanggan UD. Sinar Baru juga membuka reseler di Kisaran SCR Aplus, Tebing  Hj.Eliya, PRSU Medan, Batubara Deco, Rumah Ladang Indrapura, PKLN Kerinci, Tanggerang dan Batam.

“UD.Sinar Baru juga membuka kerjasama dengan pihak lain. Bagi yang berkenan menjadi reseler dapat menghubungi +62 813-6216-4748,” pungkasnya. (bari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini