Bupati Madina : IBI Punya Peranan Penting Turunkan Stunting

Sebarkan:
Bupati Madina HM Jafar Sukhairi didampingi Ketua TP PKK memotong tumpeng di HUT IBI ke-71. (foto/ist)
MADINA (MM) - Bupati Mandailing Natal (Madina) H M Jafar Sukhairi Nasution menghadiri kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (6/8/2022). 

Dalam kesempatan teraebut, Sukhairi mengatakan bahwa IBI memiliki peranan penting dalam penurunan angka Stunting. "IBI sangat berperan penting dalam mengatasi persoalan stunting dan pelayanan kesehatan lainnya," kata Sukhairi.

Sukhairi juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada IBI yang sudah berusia 71 tahun. "Atas nama Pemkab Madina saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk IBI yang berusia 71 tahun saat ini," katanya.

Ia menilai IBI memiliki pengaruh di tengah-tengah masyarakat. Dan profesi bidan saat ini sebuah tantangan. "Profesi bidan adalah sebuah tantangan dan IBI sangat punya pengaruh di tengah-tengah masyarakat khususnya di bidang kesehatan," tuturnya. 

Selain itu, Sukhairi pun meminta IBI agar terus melakukan pembenahan ke depannya. "Kontribusi dari IBI baik itu berupa pemikiran, tentu sangat diharapkan oleh Pemda dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya. 

Bupati juga mengatakan IBI turut berperan mengurangi angka kematian di Madina. "Saya harap ibu-ibu yang sedang hamil juga diingatkan dan diberikan edukasi berupa bagaimana pola pelayanan kesehatannya. Hal itu tentu dapat mengurangi angka kematian bayi yang lahir di Madina," terangnya. 

Sementara, Ketua PC IBI Madina Rosidah Nasution SST. M.Kes dalam sambutannya mengatakan, bahwa anggota lBI Madina sekitar 1300 orang yand terdiri dari 31 pengurus ranting.

Peringatan HUT IBI ke 71 kali ini, kata dia, selain acara prosesi pemotongan tumpeng juga dirangkai dengan kegiatan Seminar dan Worshop Kesehatan mengenai Tekhnik Komunikasi Kunci Sukses Dukung Asi Eksklusif. "Pemateri I menghadirkan dr Lula Kamal M, Sc dan pemateri II Dr Tri Ebta Mayniar Saragih M Ked (OG), Sp OG," terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua TP-PKK Madina Ny Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, Asisten I Alamulhaq Daulay, Kadis Kesehatan dr Syarifuddin, Sekretaris BKKBN Madina Elvy Mahrani Nasution, Ketua IBI PC Madina Rosida Nasution, dan mewakili pengurus IBI Sumut. Direktur RSUD Panyabungan dr M Rusli Pulungan, Direktur Rumah Sakit Permata Madina, dan para OPD. (fadli)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com