Pemkab Asahan Launcing Metode Pembayaran QRIS

Sebarkan:

Bupati Asahan H. Surya BSc melaunching dan sosialisasi implementasi metode pembayaran QRIS pajak dan retribusi daerah. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) - Badan Pengelola Pendapatan Retribusi Daerah (BPPRD) Pemkab Asahan melaunching, sekaligus sosialisasi Implementasi Metode Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk Pajak dan Retribusi Daerah, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan yang digelar di Aula Melati Bupati bekerjasama Bank Sumut dan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar.

Kepala BPPRD Asahan, Drs. Sorimuda Siregar, mengatakan tujuan kegiatan untuk mendorong peningkatan PAD, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan Implementasi metode pembayaran QRIS statis dan dinamis pada transaksi pajak daerah dan retribusi daerah secara bertahap.

Kepala Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut, M. Ricky Budiman, mengatakan, Bank Sumut sudah melengkapi pembayaran belanja daerah menggunakan QRIS, bertujuan bertujuan sebagai alternatif pembanyaran mengunakan transaksi non tunai dalam rangka salah satu Impelmentasi ETPD untuk meningkatkan tranfaransi dan akuntabilitas penerimaan pajak dan retribuasi daerah. Dengan begitu maka program ini diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan pajak dan pendapatan asli daerah.

“QRIS mempermudah pembayaran pajak dengan layanan Bank Sumut dan dapat menggunakan metode pembayaran lainnya tanpa perlu membawa uang tunai dan prosesnya lebih cepat dan mudah," terang Ricky.

Sementara itu, Bupati Asahan H.Surya BSc, mengatakan, digitalisasi memberikan tantangan bagi daerah, maka pelaksanaan grand launching dan sosialisasi implementasi metode pembayaran QRIS untuk pajak daerah dan retribusi daerah dilaksanakan guna mendorong peningkatan PAD, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), khususnya transaksi pengelolaan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah di Asahan. 

"Pemerintah sangat mendukung penuh pelaksanaan grand launching dan sosialisasi pembayaran QRIS. Saya berharap kepada seluruh Pimpinan OPD yang termuat didalam surat keputusan Tp2DD Asahan memiliki komitmin, solid dan terarah serta terukur dalam mendorong pelaksanaan elektronifikasi transaksi di Lingkungan Pemkab Asahan," tegas Bupati.

 Untuk mendorong pelaksanaan dan perluasan elektronifikasi transaksi pajak daerah dan retribusi daerah dengan memanfaatkan berbagai kanal pelaporan dan pembayaran yang telah difasilitasi oleh PT. Bank Sumut dalam transaksi pembayaran seperti ATM, Mesin EDC, SMS Banking, Mobile Banking dan QRIS. 

Khusus pembayaran QRIS, telah mencakup semua komponen pajak daerah dan komponen retribusi daerah juga, yang bertujuan untuk meningkatkan PAD diseluruh transaksi penerimaan, yang tentunya dalam mendukung yang tentunya dalam mendukung salah satu misi Pemkab Asahan yaitu misi yang ke-5 “meningkatkan akurasi proses perencanaan, penganggaran dan pengelolaan APBD yang transparan dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Menutup kegiatan ini Para peserta yang terdiri dari OPD, Ka. UPTD dan KTU Penangihan Pajak Daerah Bappenda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya diberikan materi tetang sosialisasi QRIS oleh Alchobi Asisten Manajer Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran KPW Bank Indonesia Pematang Siantar dan Rini Maulisa Pemimpin Bidang Dana Ritel Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut Medan dengan materi materi Agen Sumut Link dilanjutkan dengan pembagian saldo e-wallet t-money kepada peserta sosialisasi QRIS. (ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com