Belum Terealisasi, Muspika Pantai Cermin Kembali Wacanakan Normalisasi sungai Baungan

Sebarkan:
Muspika Pantai Cermin kembali wacanakan normalisasi sungai Baungan. (foto:mm/ist)
SERDANG BEDAGAI (MM) – Alur sungai Baungan, mengalami pendangkalan sehingga menyulitkan nelayan mencari nafkah. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu harus dilakukan normalisasi.

Hal ini terungkap dalam pertemuan unsur Muspika Kecamatan Pantai Cermin di aula kantor camat setempat, Senin (24/10/2022).

Hadir dalam pertemuan ini, Camat Pantai Cermin Hidayat Tambunan, Danramil 08 Perbaungan Kapten (Inf) Noor Rosid, Polsek Pantai Cermin Aiptu Samsuri SH, Anggota DPRD Sergai asal Suriyadi, Rajali Prima, Pemilik Usaha Ingah Sea Food Ingah, Kepala Desa Pantai Cermin Kiri M Elizar, Kepala Desa Pantai Cermin Kanan Basaruddin.

Camat Pantai Cermin Hidayat Tambunan mengatakan sudah sering mendengar keluhan nelayan terkait pendangkalan alur sungai yang menyulitkan sampan melintas. Kendala besar yang dihadapi nelayan dengan tingginya sendimen lumpur maupun pasir yang menutupi ditengah-tengah alur muara sungai baungan.

Dampak ini dirasakan para nelayan dari Desa Pantai Cermin Kiri dan Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin".

Gagasan Camat Pantai Cermin untuk melakukan normalisasi disambut baik Danramil 08 Pantai Cermin Kapt (Inf) Noor Rosid. “”Ide untuk melakukan normalisasi ini langkah tepat untuk menjawab permasalahan nelayan di sini. Karena langkah normalisasi ini pernah digagas tahun 2010, namun tidak terealisasi. Mudah-mudahan dengan upaya pak Camat ini normalisasi dapat direalisasikan," harapnya.

Dukungan juga disampaikan Suriyadi, anggota DPRD Sergai Dapil Pantai Cermin-Perbaungan. Dikatakannya, usulan normalisasi alur sungai ini pernah digagas tahun 2018, namun memang saat itu belum terealisasi, dan Ia mengapresiasi langkah camat Pantai Cermin untuk sama-sama memikirkan nasib nelayan untuk menormalisasi alur sungai Baungan.

Penggiat Nelayan M. Yamin menegaskan, bahwa langkah normalisasi yang diusulkan pak Camat Pantai Cermin untuk melakukan normalisasi pendangkalan alur sungai baungan ini langkah tepat untuk mengakomodir kepentingan nelayan. Karena usulan ini bukan hal yang baru, dan pernah diusulkan, makanya kedepan dibuat usulan baru untuk langkah-langkah normalisasi yang kesemuanya itu mendapat persetujuan masyarakat nelayan. (rasum)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini