Kepala BI Sumut Berharap Pemda Mampu Kembangkan UMKM

Sebarkan:
Kepala KPw BI Sumut Dody Zulferdi memberikan bantuan PSBI kepada pelaku UMKM. (foto:mm/jhony simatupang)
SAMOSIR (MM) - Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut), Dody Zulferdi, berharap kepada pemerintah daerah agar bisa mengembangkan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk perkuatan ekonomi daerah dan negara. 

Menurutnya, kegiatan Toba Jou Jou Festival 2022 yang diselenggarakan oleh KPW BI Sibolga kolaborasi KPw BI Medan di Kabupaten Samosir hanya sebagai pemicu bagi pengembangan serta penguatan UMKM dan Pariwisata di Indonesia, khususnya di Sumut dan Samosir. 

"Ini hanya pemicunya untuk kemudian bisa dikembangkan dan dimanfaatkan oleh semua pihak, terutama pemerintah daerah untuk meneruskannya," kata Dody, Senin (17/10/2022), terkait even Toba Jou Jou Festival 2022 yang telah dua kali diselenggarakan oleh BI Sibolga di Samosir.

Dody mengakui, BI secara prinsip akan terus membantu Pemda memperkuat UMKM di daerah masing-masing, sebab BI memiliki kepentingan atas pengembangan dan penguatan UMKM. UMKM kuat, maka tantangan yang dihadapi BI dalam mengatasi stabilitas ekonomi akan berkurang. Begitu juga, BI akan memiliki keleluasaan untuk membuat kebijakan. 

"Tapi kalau UMKM lemah atau rentan, otomatis ekonomi akan mudah jatuh. Sehingga BI akan susah untuk membuat kebijakan, apakah itu membuat/penyesuaian suku bunga, pengendalikan nilai tukar, dan lainnya," ujarnya. 

Kepentingan lainnya, sebut Dody, sesuai dengan tema Toba Jou Jou Festival, ingin mendorong devisa bertambah supaya tugas BI berikutnya dalam pengendalian nilai tukar menjadi mudah. 

"Oleh karena itu, BI akan terus menyelenggarakan even-even besar untuk memperkuat UMKM. Bila perlu mengkolaborasikannya dengan program-program pamerintah daerah," pungkas Dody. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini