Ribuan Warga Sibolga Doa Bersama untuk Korban Tragedi Stadion Kanjuruan Malang

Sebarkan:
SIBOLGA (MM) - Ribuan warga Kota Sibolga bersama pemerintah serta pemuka agama dimotori kepolisian daerah setempat menggelar doa bersama di Lapangan Simare-Mare, Sibolga, Kamis (6/10/2022) sore, untuk korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Aksi solidaritas bertema “Sumut Berdoa Untuk Aremania dan Sepak Bola Indonesia" tersebut diwarnai dengan pembacaan doa dari lintas agama, tauziah oleh Ustadz Supratman dan pembacaan "Ikrar Komitmen" dari pelaku olah raga di daerah itu yang dibacakan oleh Ketua KONI Sibolga, Iwan, dan ditandatangani oleh klub sepak bola PO ODE, Persebsi Sibolga, Askot PSSI, dan Fans Club Kopites Sibolga.

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja mengatakan, doa bersama ini bertujuan untuk mengajak seluruh komponen agar bisa saling menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi kejadian serupa, sekaligus juga sebagai peringatan bagi semua orang bahwa sepak bola tidak seharga nyawa manusia. 

"Dalam sepak bola memang ada rivalitas tinggi dan berpotensi kerusuhan, namun semua itu hanya pertandingan, tentu ada menang dan kalah. Maka itu, marilah kita bertanding dengan sportif. Sebagai suporter, ketika kalah tentu harus menerima dengan lapang dada,” ujar Taryono. 

Selain untuk menjaga situasi kamtibmas, doa bersama ini juga, ditujukan untuk semua personel Polri yang turut menjadi korban dalam insiden itu. Diharapkan kepada keluarga yang ditinggal dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan.

"Begitu juga kepada mereka yang masih menjalani perawatan intensif, semoga diberikan kesembuhan,” harap Taryono.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Sibolga, M Yusuf Batubara, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, karena telah menyelenggarakan acara doa bersama. 

Melalui acara doa bersama ini, Yusuf pun berharap kepada semua pihak agar dapat terus berikhtiar, mendekatkan diri kehadirat Tuhan Yang Maha Esa (TYME), sekaligus memperkukuh kerukunan dan persatuan antar umat beragama di Sibolga, serta sama-sama bekerja keras untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, khususnya pada bidang olah raga sepak bola dan olah raga lainnya. 

"Mari bekerja sama antara pihak penyelenggara, pihak pelaksana, para suporter, pemerintah, dan dengan pihak kepolisian selaku pihak pengamanan agar mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penonton masyarakat," seru Yusuf.

Yusuf juga bahkan berpesan kepada Ketua KONI Sibolga, Darwanto Sinaga, untuk taat dan tunduk serta bisa menegakkan Statuta FIFA, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna menjamin keamanan dan ketertiban pertandingan. 

Selanjutnya Ketua KONI Sibolga membacakan Ikrar Komitmen, diantaranya menjunjung tinggi sportifitas olah raga dan mengutamakan fair play dalam setiap pertandingan.(jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com