Kemenkeu Mengajar 7 Medan Sasar Sekolah di Langkat

Sebarkan:
Kemenkeu Mengajar 7 Medan Sasar 5 Sekolah di Langkat berjalan sukses. (foto:mm/ist)
MEDAN (MM) – Memperingati hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 sekaligus menutup rangkaian acara Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) 30 Oktober 2022, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali mengadakan kegiatan Kemenkeu Mengajar. 

Kegiatan yang telah memasuki tahun ke-7 (tujuh) ini digelar pada tanggal 24, 25 dan 28 November 2022 di berbagai kota di Indonesia. 

Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan Kementerian Keuangan kepada siswa-siswi sekolah ini disambut antusias pegawai Kementerian Keuangan tak kurang dari 5.000 orang pegawai ikut berpartisipasi sebagai relawan untuk 357 sekolah di 37 provinsi, 91 kota/kabupaten.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 Medan dilaksanakan di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat pada tanggal 28 November 2022. 

Terdapat 5 (lima) sekolah yang dipilih menjadi lokasi pengajaran yaitu SDN 050626 Bekancan, SDN 057197 Telagah, SDN 057747 Pamah Simelir, SDN 057746 Bangun, dan SMP Swasta Palapa Telagah. 

Dalam kegiatan ini terdapat 116 orang relawan dari berbagai unit eselon satu Kemenkeu yaitu Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Sekretariat Jenderal, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). 

Masing-masing relawan dikelompokan sesuai dengan pembagian tugas utamanya yaitu sebagai fasilitator, pengajar, serta dokumentator untuk kelima sekolah tersebut.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 Medan serentak dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB di sekolah-sekolah. Acara dibuka dengan upacara bendera, kemudian pengenalan pengajar, dan sambutan dari salah satu relawan. Relawan mengajak para siswa untuk berlatih yel-yel Kemenkeu Mengajar 7 serta berbagai tepukan semangat. 

Kegiatan mengajar dilaksanakan pukul 08.00 WIB, seluruh siswa memasuki kelas dengan semangat menerima ilmu baru. Materi yang disampaikan dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 terdiri dari materi mengenai pengenalan uang, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tugas dan fungsi Kementerian Keuangan serta detail kedua belas unitnya, nilai-nilai Kementerian Keuangan serta 9 (Sembilan) nilai anti korupsi.

Para siswa merasa senang dapat menerima ilmu baru. Banyak diantaranya yang mengajukan pertanyaan dan pendapat atas materi yang disampaikan oleh pengajar. 

Pertanyaan dan pendapat yang diajukan sangat beragam dan kreatif. Selain mengenalkan ekonomi dan kemenkeu melalui pemaparan materi, para pengajar juga menyiapkan beberapa permainan singkat, kuis, yel-yel serta tepukan penyemangat untuk membuat sesi belajar menjadi lebih menyenangkan dan sesuai usia para siswa.

Sesi mengajar selesai pada pukul 12.00, salah satu siswa sekolah merasa senang dengan kedatangan relawan Kemenkeu Mengajar di sekolahnya.

“Seru kali acaranya kak, kita jadi tau banyak hal baru, semoga tahun depan bisa ada lagi ya kak.” ucap beberapa siswa ketika ditanyakan apa kesan mereka dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 ini. (arie/rel)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini