Proyek PLTA Asahan 3, Sebagian Warga Tolak Ganti Wajar yang Ditetapkan KJPP

Sebarkan:
Bupati Asahan H. Surya bersama forkopimda menerima kunjungan Manager PLTA Asahan 3. (foto:mm/ist)
ASAHAN (MM) – Bupati Asahan H. Surya BSc bersama forkopimda menerima kunjungan PTLA Asahan 2 di aula Mawar, kantor Bupati, Selasa (15/11/2022).

Unsur forkopimda diantaranya Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Danlanal TBA dan Ketua PN Kisaran serta Ketua PA Kisaran dan Asisten serta para OPD.

Manager PLTA Asahan 3, Agil Darmawan, mengatakan, kehadirannya bersama tim untuk menyampaikan perkembangan Asahan 3 Hydroelectric Power Plant (HEPP) Project di Kecamatan Aek Songsongan. 

Sejauh ini pihaknya mengalami kendala, dimana sebagian warga pemilik lahan tidak sepakat prihal ganti wajar yang telah ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

“Sesuai ketentuan pembebasan lahan yang berlaku, proses pembebasan lahan telah dialihkan melalui mekanisme konsinyasi ke Pengadilan Negeri Asahan. Namun dalam praktiknya di lapangan, beberapa pemilik lahan masih belum bersedia memberikan akses masuk ke lahan tersebut,” terang Agil. 

Untuk itu, pihaknya meminta dukungan Pemkab Asahan untuk mengedukasi masyarakat agar proses pengadaan tanah dan persiapan daerah lintasan jalur transmisi dapat segera direalisasikan dan target pembangunan PLTA Asahan 3 rampung Maret 2024. Hingga kini progres pekerjaan sudah mencapai 67 persen.

Menanggapi hal ini, Bupati Surya mengatakan pihaknya akan membantu PLTA Asahan 3 untuk mencari solusi dari kendala tersebut, karena ini merupakan program nasional.

Bupati juga berharap kehadiran PLTA Asahan 3 dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus kepada masyarakat yang berdomisili disekitar PLTA tersebut. 

"Saya berharap, apa yang kita diskusikan hari ini menghasilkan solusi agar pembangunan PLTA Asahan, sesuai dengan target yang telah ditentukan, dan segera dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," harap Bupati. (ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com