Renville Napitupulu Bantu Korban Banjir di Kelurahan Cinta Damai

Sebarkan:

 

MEDAN - Hujan deras yang mengguyur kota Medan pada Jum’at malam, berdampak meluapnya air sungai dan masih buruknya sistem drainase sehingga merendam ribuan rumah warga masyarakat kota Medan di beberapa Kecamatan.

Atas dasar itulah, Anggota DPRD Kota Medan Renville Napitupulu melakukan pengecekkan Sistem Saluran Drainase di Jalan Bahagia, Jalan Pantai Timur Barat Pasar V Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia.

“Selain mengecek sistem drainase⁵, saya bersama simpatisan dan kader DPD PSI Kota Medan juga membagikan bantuan Nasi, Air Mineral kepada warga yang rumahnya terendam banjir,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Renville yang juga Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI Kota Medan) menambahkan, banjir yang terjadi akibat beberapa sungai meluap. “Drainase yang fungsinya sebagai saluran pembuangan, juga tidak dapat mengalirkan air ke sungai dikarenakan debit air yang tinggi,” jelasnya.

Anggota Komisi IV DPRD Medan ini menilai, normalisasi drainase yang sedang dilakukan, mulai dari pengorekan rutin hingga pemasangan U-Ditch tidak bisa membuat masalah banjir di Kota Medan langsung menghilang.

“Apalagi sampai di wilayah pegunungan terjadi hujan deras dan mengirimkan air dengan debit yang cukup besar ke wilayah Kota Medan dan sekitar,” ujarnya.

Saat ini, sambung Renville, Pemko Medan terus melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Badan Wilayah Sungai (BWS) untuk melakukan normalisasi sungai. “Apabila di gunung hujan dan di perkotaan hujan secara bersamaan, ketinggian air dipastikan meningkat seperti tadi malam,” tuturnya.

Ditambahkan Renville, normalisasi sungai secara bertahap akan dilakukan oleh BWS.

Diharapkan Pemko Medan, segera fokus untuk kolaborasi tersebut.

Untuk mendukung penanggulan banjir, lanjut Renville, Pemko Medan telah mengusulkan untuk membuat kolam-kolam retensi yang berfungsi untuk menampung air sementara.

“Kita do’akan agar pembangunannya dilakukan pada tahun depan,” pungkasnya. (Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com