Sungai Batang Serangan Meluap, Syah Afandin Tinjau Warga Terdampak Banjir di 2 Kecamatan

Sebarkan:
Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin turun sambangi warga terdampak banjir. (foto;mm/ist)
LANGKAT (MM) – Ribuan warga yang tersebar di 11 desa/kelurahan di dua kecamatan Kabupaten Langkat, terendam banjir dikarenakan tingginya curah hujan sehingga sungai Batang Serangan, meluap. 

Selain menyampaikan keprihatinannya, Plt Bupati H. Syah Afandin,SH, turun langsung membawakan bantuan sembako dan sejumlah keperluan warga, Kamis (3/11/2022).

Sebagaimana diketahui, dampak banjir terjadi akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, dan puncaknya pada Rabu 2 November 2022. Sebagai langkah awal, Plt Bupati Langkat bersama BPBD dan Dinas Sosial menyambangi warga banjir di Kecamatan Tanjungpura dan Besitang.

"Para warga harus tetap sabar menghadapi bencana ini, Pemkab Langkat akan terus memberikan perhatian intens dan maksimal pada penanganan banjir ini," ujar Syah Afandin kepada warga, sembari menyerahkan bantuan. 

Kalakhar BPBD Langkat, Drs H Irwan Syahri, penyebab banjir dikarenakan tingginya curah hujan sehingga meluapnya sungai Batang Serangan

"Saat ini masyarakat masih dapat melaksanakan kegiatan sehari - hari, namun terbatas akibat masih banjir," terangnya. 

Berdasarkan data, Kadis Kominfo Langkat H. Syahmadi, S.Sos,MSP, menuturkan, hingga kini terdapat 2.492 KK di 11 Desa/Kelurahan dari Kecamatan Tanjungpura dan Besitang, terdampak banjir. “Di wilayah Tanjungpura terdampak banjir mencapai 838 KK dan Besita 1.896 KK. Untuk pengungsi ada 1.653 KK,” terang Syahmadi.

Ketinggian air mencapai 30 hingga 100 cm, dan berangsur-angsur mulai surut. “Sebagian pengungsi ada yang di tenda-tenda disiapkan pemerintah, sebagian ke rumah sanak keluarga di dataran tinggi,” ujarnya.

Untuk fasilitas umum yang terendam banjir diantaranya 2 unit SDN, 1 Madrasah, I Puskesmas, 2 masjid, 3 musalah dan 4 unit gereja. Air juga merendam lahan pertanian persawahan warga seluas 60 hektare dan palawija seluas 2 hektar.

Untuk mempermudah warga, Pemkab Langkat  juga menyediakan Posko dapur umum di 5 titik pengungsian dan 7 Posko Pengungsi.(mm/rel)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com