Dewan Pendidikan Sibolga Buka Beasiswa untuk 50 Mahasiswa Miskin Berprestasi

Sebarkan:
Sekretaris Dewan Pendidikan Sibolga, Hendra Sahputra didampingi Bidang Komunikasi dan Media, Parulian Sihotang, Jumat (16/12/2022), (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Dewan Pendidikan Sibolga membuka beasiswa bagi 50 mahasiswa miskin berprestasi 2022 yang sudah menempuh pendidikan minimal dua semester (1 tahun) atau maksimal empat semester (2 tahun) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS).

Batas akhir pendaftaran Rabu, 21 Desember 2022 di Lantai II Kantor Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas. Dengan nominal beasiswa dari Dewan Pendidikan Sibolga ini sebesar Rp5juta untuk periode satu tahun anggaran. 

Syarat pendaftaran diperuntukkan bagi warga (mahasiswa) Sibolga yang berdomisili di Sibolga minimal tiga tahun dibuktikan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta surat keterangan miskin. 

Persyaratan lainnya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.0 untuk program studi eksakta dan 3.25 untuk non eksakta di PTN. Sementara bagi mahasiswa yang berkuliah di PTS memiliki minimal IPK 3.25 untuk program studi eksakta dan 3.5 untuk non eksakta. 

Syarat-syarat lainnya yang mengikat, mahasiswa calon penerima tidak boleh menerima beasiswa dari tempat lain (dobel). Tapi boleh menerima beasiswa pendidikan Dewan Pendidikan Sibolga jika di tahun sebelumnya pernah menerima beasiswa dari tempat lain, namun di tahun ini, tidak. 

Sekretaris Dewan Pendidikan Sibolga, Hendra Sahputra, dalam keterangan persnya di dampingi Bidang Komunikasi dan Media, Parulian Sihotang, Jumat (16/12/2022), mempersilahkan masyarakat (orang tua) atau mahasiswa yang ingin mendaftar datang mengambil surat permohonan dan formulir pendaftaran ke sekretariat panitia pendaftaran yang telah disediakan Dewan Pendidikan Sibolga tersebut di Kantor Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas di Jalan Sisingamangaraja. 

Kuota cuma berlaku bagi 50 orang, yang 30% di antaranya atau 15 orang dialokasikan bagi mahasiswa yang kuliah di berbagai kampus di Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng), dan 70% atau 35 orang bagi mahasiswa yang kuliah di luar Sibolga, baik di Medan, Jakarta, dan lain sebagainya. 

"22-26 Desember 2022 akan dilakukan verifikasi secara administrasi dan faktual di lapangan untuk memastikan kelayakan. Nama-nama penerima yang lolos kemudian di SK-kan wali kota, dan juga akan diserahkan wali kota secara simbolis," kata Hendra.

Mantan anggota DPRD Sibolga ini mengakui, program beasiswa ini merupakan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing, untuk mewujudkan "Sibolga Pintar". 

Anggarannya bersumber dari dana hibah yang diposkan pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga dan dipercayakan kepada Dewan Pendidikan Sibolga untuk pelaksanaan secara teknis.

"Adapun beasiswa ini tidak dalam bentuk tunai. Calon penerima akan membuka rekening di Bank Sumut dan kemudian Bank Sumut akan mentransfer ke rekening yang bersangkutan dan tidak ada pemotongan,” beber Hendra.

Bidang Komunikasi dan Media, Parulian Sihotang, juga berharap kepada masyarakar atau para orang tua yang masuk dalam kategori tersebut dapat memanfaatkan program beasiswa Dewan Pendidikan Sibolga ini dengan sebaik-baiknya demi mendukung program Pemkot Sibolga dalam mewujudkan visi dan misi "Sibolga Pintar".

"Namun harus betul-betul jujur sesuai persyaratan. Begitu juga kepada Lurah dan Camat agar memberikan kesempatan kepada calon penerima yang benar-benar berprestasi dan pintar, sebagaimana harapan pemerintah untuk meningkatkan pendidikan Sibolga," tegas Parulian. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini