Hadiri KTT ASEAN – Uni Eropa di Belgia, Presiden Jokowi Bawa Misi Khusus

Sebarkan:

JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri KTT ASEAN dan Uni Eropa di Belgia. Pada pertemuan tersebut, Jokowi juga membawa misi khusus terkait kerja sama Indonesia dan Uni Eropa.

Jokowi mengatakan, fokus pertama yang akan dilakukan yakni memperkuat kerja sama ASEAN dan Uni Eropa. Menurut Jokowi, saat ini hubungan kerja sama ASEAN dan Uni Eropa sudah cukup baik.

Jokowi menyebut foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar US Dollar di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT [Republik Rakyat Tiongkok]. “Kita tahu hubungan perdagangan antara ASEAN dan Uni Eropa pada tahun 2021 sebesar

268,9 miliar US Dollar. Ini adalah yang ketiga terbesar setelah RRT dan Amerika Serikat. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” jelas Jokowi dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/12/2022).

Jokowi mengungkapkan, selain kerja sama negara ASEAN, dirinya juga ingin memperkuat kerja sama Indonesia dengan Uni Eropa. Kerja sama dalam bidang perdagangan menurut Jokowi harus terus diperkuat.

“Juga tentu saja negara kita, Indonesia, ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU, dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” ungkap Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini mengatakan kunjungan kerja ke Belgia tidak sampai 24 jam. Jokowi menuturkan akan segara balik ke Jakarta setelah KTT selesai.

“Saya dan delegasi juga hanya kurang dari 24 jam di Belgia setelah itu langsung pulang kembali ke tanah air,” tutupnya. (mm/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini