'Pohon Rindang' Menuju Perubahan Pelayanan Publik Cikal Bakal Media Center di Langkat

Sebarkan:
Kabid IKP Diskominfo Langkat Muhammad Faizal,S.Sos,MIKom, memaparkan Pohon Rindang di hadapan Kadis Kominfo H. Syahmadi S.Sos, MSP. (foto:mm/ist)
LANGKAT (MM) – Pojok Permohonan Informasi dan Konfirmasi Berita yang Benar dan Berimbang (Pojon Rindang) salah satu program yang digagas kelak hadirnya Media Center Kabupaten Langkat. Cikal Bakal Pohon Rindang diprakarsai Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dikominfo Langkat, Muhammad Faisal,SE,MIKom.

Kehadiran Pohon Rindang sendiri didukung dan diapresiasi Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH, yang optimis kehadiran dan perubahan yang dilakukan Pohon Rindang akan berdampak positif bagi transpormasi informasi di tengah-tengah masyarakat Langkat. 

"Ini bagus. Project ini mendukung transparansi informasi dan dapat mengawal penyelenggaraan pemerintah sesuai tuntutan Undang-undang. Semoga Pohon Rindang berjalan  sesuai tujuan yang diharapkan," kata Syah Afandin.

Faisal mengatakan, Pohon Rindang salah satu projek perubahan pelayanan publik diera digital 4.0 yang perkembangannya semakian cepat. Tentunya, Pohon Rindang akan memudahkan masyarakat dan jurnalis dalam mendapatkan informasi publik, baik kebijakan, berita hingga informasi-informasi penting pemerintahan.

“Pohon Rindang menjadi wadah perantara antara penyedia informasi dengan pencari informasi. Secara otomatis program ini akan sejalan dan peranan Diskominfo Langkat semakin maksimal,” terang Faisal.

Kehadiran Pohon Rindang nantinya akan membantu siapa saja yang ingin mendapatkan informasi yang baik, benar dan tepat. Disamping itu akan meminimalisir informasi hoax.

Pohon Rindang berada di salah satu ruangan khusus Diskominfo Langkat, yang dilengkapi peralatan pendukung dan tenaga-tenaga terampil. “Pohon Rindang nantinya menjadi cikal bakal pembangunan Media Center Diskominfo Langkat,” ungkap Alumni 14 MIKom FISIP USU, ini.

"Media Center akan menjadi tempat Central Informasi, dan mengakses serta mengontrol arus informasi dan komunikasi publik sesuai dengan perintah Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," jelasnya. 

Sejauh ini, sambung Faisal, Bidang IKP Diskominfo Langkat dibawah kepemimpinan Kadis H. Syahmadi,S.Sos,MSP, telah melakukan tugas pokok publikasi rangkaian program pemerintahan dan menyebarkan informasi keterbukaan publik melalui beragam kanal, diantara Facebook (Diskominfo Langkat), Instagram (diskominfo_langkat), Twitter (@diskominfolangkat), Youtube (Info Langkat), Website (www.langkatkab.go.id).

Disamping itu, Dikominfo Langkat juga bekerjasama dengan sejumlah media cetak dan online (siber). Serta sudah menjalankan aplikasi website dari pemerintah pusat seperti kanal pengaduan masyarakat LAPOR-SP4N dari KemenPAN RB, dan Kanal Website PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) dari Kementerian Dalam Negeri.

Pelaksanaan Aksi Perubahan ini merupakan hasil implentasi dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V BPSDM Provsu yang diikuti Faisal sejak September hingga Desember 2022.  Aksi perubahan merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan Diklat PKA atau dulu yang disebut Diklat PIM 3.

"Ini merupakan hasil implementasi dari pendidikan yang saya ikuti pada Diklat PKA angkatan V BPSDM Provsu. Saat ini sudah rampung tinggal mengikuti seminar laporan pada 26-27 Desember ini," ungkap Faisal.

Sebelumnya di pertengahan Oktober 2022, dirinya sudah mengikuti seminar rancangan untuk melaksanakan aksi perubahan ini. Bertindak sebagai pembimbing Ir. Herawati N, MMA. Penguji Tommy Harahap, SSos MAP, selaku Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Provsu, Mentor H. Syahmadi, S.Sos, MSP.

Atas nama pribadi, Faisal menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bimbingan serta kepercayaan semua pihak, diantaranya Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, Sekda, Kepala BKD, Kabid Diklat dan Kadis Kominfo. 

“Ucapan terima kasih khusus juga saya sampaikan kepada Kadis Kominfo Bapak H. Syahmadi dan Ir.Herawati yang telah banyak membimbing saya,” kata Faisal. (mm/rel) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini