Dukung F1H2O Pertama di Indonesia, PLN Siapkan Kelistrikan yang Andal

Sebarkan:

MEDAN (MM) - FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O. Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang.

F1H2O seri indonesia menjadi ajang F1H2O pertama di danau vulkanik terbesar di dunia dan menjadi race pembuka musim 2023. Nantinya akan ada 10 team dan 20 pembalap dari 12 negara yang akan berlaga di danau toba. Menjadi tuan rumah F1H2O sebagai ajang olahraga air internasional bergengsi akan mempromosikan danau toba sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia ke mancanegara.

General Manager, Tonny Bellamy mengatakan PLN UID Sumatera Utara siap mendukung terselenggaranya kejuaraan dunia tersebut. Persiapan infrastruktur ketenagalistrikan di Kawasan perlombaan terus dilakukan demi kelancaran acara tersebut.

“PLN sedang mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Toba tempat pelaksanaan kejuaraan balap perahu super cepat. Saat ini Kawasan Balige disupply dari satu penyulang utama yaitu PO.04 dan satu penyulang backup yaitu TR.05. Demi kelancaran acara tersebut PLN telah membangun satu penyulang baru sebagai backup kedua yaitu PO.07. progress pekerjaan ini sudah mencapai 44% dan di targetkan akan selesai pada tanggal 29 Januari 2023 dan akan commissioning tanggal 05 Februari 2023”, ungkap Tonny.

Tonny juga menyampaikan kebutuhan daya selama kejuaraan tersebut akan meningkat dari biasa nya. Diperkirakan kebutuhan daya akan mencapai 430MW. Ia juga menargetkan seluruh pekerjaan infrastruktur ketenagalistrikan di lokasi venue F1H2O akan rampung pada tanggal 17 Februari 2023. 

Dalam rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, General Manager PLN UID Sumatera Utara menyampaikan persiapan PLN mulai dari supply kelistrikan hingga pengamanan berlapis yang akan dilakukan PLN selama acara berlangsung.

Tidak hanya mempersiapkan supply infrastruktur ketenagalistrikan, lokasi venue kejuaraan F1H2O tidak luput dari fokus utama PLN. Di lokasi tersebut PLN telah mempersiapkan pengamanan berlapis diantaranya pemasangan Load Break Switch (LBS) Three Ways sebanyak satu unit, pemasangan trafo khusus sebanyak empat unit, pemasangan Automatic Changes Over (ACOS Tegangan Rendah) sebanyak empat unit, Pemasangan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak empat unit, dan penyediakan genset mobile sebanyak empat unit.

PLN juga akan melaksanakan berbagai simulasi pengamanan kelistrikan dilokasi venue. Hal ini berguna untuk memastikan seluruh infrastruktur ketenagalistrikan berjalan dengan baik.

“Saya telah menginstruksikan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga untuk melakukan berbagai simulasi untuk memastikan sistem pengamanan ketenagalistrikan berjalan dengan baik dan melakukan gladi bersih paling lambat tanggal 20 Februari 2023”, tutup Tonny.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini