Atal Depari Pastikan HPN 2023 di Sumut Dihadiri Presiden Joko Widodo

Sebarkan:

MEDAN (MM) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Depari memastikan kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada puncak acara perhelatan Hari Pers Nasional (HPN)  di Sumatera Utara (Sumut) yang rencananya akan digelar di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, 9 Februari 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Atal Depari didampingi Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik dan Kadis Kominfo Provsu Ilyas Sitorus  saat mengunjungi Press Room Pemprovsu di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Medan Jumat (3/2/2023).

"Alhamdulillah, mungkin nanti HPN di Sumut merupakan HPN terbesar dan akan dihadiri peserta sebanyak 7 ribu tamunya pada puncak acara  dan ini belum pernah ada dan semua Pejabat mungkin nanti hadir. Saya sudah bertemu dengan Ketua DPR-RI  dan Ketua MPR yang  juga telah menyatakan kesiapannya untuk  hadir. 

Demikian juga dengan Panglima TNI dimana Saya sudah undang semua 3 Matra ini,  kalau ini datang ini pasti luar biasa dan Presiden Insya Allah hadir di tanggal 9 pada saat puncak acara. 

Saya kira tanggal 8 Presiden sudah hadir disini," diterangkan Atal dengan nada  penuh semangat.

Atal mengharapkan seluruh teman-teman Pers untuk menghadiri berbagai rangkaian agenda kegiatan pada HPN karena banyak sekali kegiatan yang sangat menarik seperti  pameran metaverse yang untuk pertama kali dipamerkan di Indonesia dan itu ada di Medan,  ada seminar, diskusi  berbicara tentang  soal Pers, ada pameran Pers yang mulai lahir tahun 1800  di Sumut  sehingga Sumut dapat dikatakan sebagai  pelopor Pers Nasional.

Selain  itu akan ada materi  mendiskusikan soal pembangunan maupun pembahasan tentang perimbangan bagi hasil pendapatan antara Pemerintah Pusat dan Daerah terkait hasil perkebunan sawit, sebagaimana yang pernah di soal oleh Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang menyebutkan akibat banyaknya pengangkutan hasil kebun sawit mengakibatkan banyaknya jalan Provinsi yang rusak.

Rekor MURI

Rangkaian kegiatan HPN telah dirancang oleh Panitia pelaksana (Panpel). Salah satu kegiatan yang akan menyedot perhatian adalah adanya 4 sosok dari insan Pers Sumut  yang meraih Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI.

Peraih MURI tersebut diantaranya diberikan kepada Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik dengan segala  prestasinya yang telah mengasuransikan anggota PWI Sumut untuk mendapat polis asuransi  pertanggungan apabila anggota meninggal secara alamiah maupun karena kecelakaan tanpa harus membayar iuran.

Hadiah Muri juga  diberikan kepada pengelola Radio Kardopa salah satu Radio multi bahasa yang diasuh oleh seorang wanita Tiorida br Simanjuntak dan kolektor koran yang juga ahli sejarah Prof Dr Ichwan Azhari yang juga  Dosen Unimed  yang mempunyai  100 koran tua dengan seratus judul.

Untuk kesiapan HPN ini sendiri, Atal menjelaskan sudah meninjau langsung. "Begitu tadi mendarat sudah meninjau pameran di Astaka. Diketahui selama  2 hari ini sudah dibangun semua, sudah siaplah," tambahkannya.

Press Room Pemprovsu Sudah Fleksibel

Ketua PWI Pusat Atal Depari memuji keberadaan Press room yang ada di ruang-lingkup Kantor Gubernur Sumut yang menurutnya sudah sangat fleksibel dan mengikuti trend. Atal berpesan  hendaknya  wartawan yang berunit di Kantor Gubernur Sumut untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas yang diberikan tersebut untuk memperlancar tugas-tugas jurnalistik.

"ini fasilitasnya sudah sangat ok ya, tinggal menambahkan perpustakaan saja untuk menambah literasi teman-teman wartawan," ujar Atal Depari.(Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com