Milad ke-51 FISIP UMSU, 3 Doktor Baru Sampaikan Orasi Ilmiah

Sebarkan:
WR III UMSU, Dr. Rudianto, Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh dan tiga doktor baru foto bersama dengan para dosen lainnya dan mahasiswa di Aula FISIP UMSU, Rabu (8/3/2023). (foto:dok FISIK UMSU)
MEDAN (MM) - Milad ke-51 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) tahun 2023 ini disemarakkan dengan kegiatan Orasi Ilmiah tiga doktor baru. Kegiatan yang diikuti dosen-dosen FISIP, pengelola program studi, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dilaksanakan di Aula FISIP UMSU, Kampus Mukhtar Basri, Medan, Rabu (8/3/2023).

Ketiga doktor baru adalah; Dr. Abrar Adhani, S.Sos, M.I.Kom. Ia menyelesaikan studi S3 dari Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Sumut. Dalam orasi ilmiahnya, Dosen Ilmu Komunikasi yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I FISIP ini memaparkan tentang Kekuatan dan Pemaksimalan Data Base di Era 4.0. Abrar menyelesaikan S1 dari Ilmu Komunikasi FISIP UMSU dan S2 dari Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kemudian, Dr. Rizal Khadafi, S.IP, M.IP yang menyelesaikan studi S3 dari Prodi Ilmu Politik Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam orasi ilmiahnya, Dosen Ilmu Administrasi Publik ini memaparkan tentang Kapasitas Politik Pemerintah Indonesia dalam Menanggulangi Covid-19. Rizal menyelesaikan studi S1 dan S2 dari Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Selanjutnya, Dr. H. Mujahiddin, S.Sos, MSP yang menempuh pendidikan S3 di Prodi Studi Pembangunan FISIP USU. Dalam orasi ilmiahnya, Dosen Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos) yang juga menjabat sebagai Ketua Prodi Kessos ini memaparkan tema tentang Mencari Kesejahteraan di Atas Sawah. Mujahiddin menyelesaikan studi S1 dari Prodi Kessos FISIP UMSU dan S2 dari Studi Pembangunan FISIP USU. 

Secara bergantian, ketiga doktor baru itu menyampaikan paparannya. Orasi ilmiah yang dipandu Jehan Ridho Izharsyah, S.Sos, M.Si mendapat perhatian dan antusiasme dari para dosen dan mahasiswa yang memadati ruang aula. Tema yang menarik dan masih aktual juga turut membuat para peserta serius menyimak. Beberapa kali peserta memberi aplus tepuk tangan ketika paparan yang disampaikan para doktor baru dianggap bagus dan menarik. 

Wakil Rektor III UMSU, Dr. Rudianto, M.Si, yang membuka acara, dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa pihak universitas akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk pengembangan diri dosen dan pengembangan akademik, seperti kegiatan Orasi Ilmiah Doktor Baru FISIP ini. Kegiatan orasi ilmiah seperti ini bisa juga dijadikan sebagai budaya akademik dan harus terus dilanjutkan.

“Selamat kami sampaikan kepada tiga doktor baru dosen FISIP. Ini tentu menambah kekuatan baru untuk fakultas dan prodi, serta universitas. Bagi dosen yang sedang studi, mudah-mudahan ini menjadi motivasi dan penyemangat,” katanya.

Dekan FISIP, Dr. Arifin Saleh, MSP dalam laporannya menyampaikan Orasi Ilmiah Doktor Baru sudah menjadi tradisi di FISIP UMSU. Kebiasaan ini dilakukan setiap tahun dalam rangka menyemarakkan milad (ulang tahun) FISIP yang diperingati setiap tanggal 28 Februari. Dalam hal ini, dosen yang baru menyelesaikan studi doktoralnya diberi kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiah yang topiknya bisa dari hasil penelitian disertasinya dan boleh juga terkait keilmuan yang digelutinya.

“Hingga saat ini, sudah 21 orang dosen FISIP yang bergelar doktor dan ada 2 dosen yang sudah Guru Besar atau Profesor. Dosen yang sedang sekolah S3 ada 19 orang. Jika dua atau tiga tahun ini semua selesai, maka 90 persen dosen FISIP UMSU sudah bergelar doktor. Ini akan jadi kekuatan dalam mengelola institusi dan meningkatkan eksistensi,” jelasnya.

Arifin melanjutkan, FISIP UMSU saat mengelola tiga program studi yang ketiganya sudah memperoleh akreditasi dari BAN PT. Prodi Kessos, akreditasinya Unggul. Prodi Ilmu Administrasi Publik, akreditasinya A, dan Prodi Ilmu Komunikasi, akreditasinya Unggul. (nasti)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com