Taput Diguncang Gempa M 3,1, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Sebarkan:

TAPANULI UTARA (MM) - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (15/3/2023) sekira pukul 12.50 WIB. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. 

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteoroli, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo (M)=3,1 atau 3,1 Skala Richter (SR). 

Episenter terletak pada koordinat 2.07 lintang Utara (LU) dan 99.01 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Timur Laut, Taput pada kedalaman 10 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, dalam keterangan tertulisnya yang diteruskan oleh pihak BMKG Pinangsori, Rabu (15/3/2023).

Berdasarkan laporan masyarakat, ungkap Hendro, guncangan gempa dirasakan nyata di dalam rumah-rumah warga di Tarutung. Getarannya terasa seakan-akan ada truk yang lewat. 

"Hingga pukul 13:15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (after shock)," ungkap Hendro. 

Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat  dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hendro juga mengimbau masyarakat agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

"Seperti (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg," tukasnya. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com