Tips Aman dan Nyaman Mudik Nataru 2023 Versi Kapolres Sibolga

Sebarkan:
Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, saat memberikan paket makanan kepada petugas di Pos Operasi Lilin Toba 2023 Sibolga, Jumat (29/12/2023). (foto:mm/ist)
SIBOLGA (MM) - Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, memberikan tips bagi masyarakat yang ingin bepergian jauh atau mudik Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 agar nyaman, aman, dan lancar, serta terbebas dari kekhawatiran terhadap perbuatan kriminal di sekitar tempat tinggal maupun selama di perjalanan.

Menurut Taryono, hal utama yang perlu dipastikan jika ingin mudik atau melakukan perjalanan jauh adalah cek kenderaan. Sebelum berangkat kendaraan harus dipastikan dalam keadaan sehat dan siap untuk perjalanan jauh. 

"Periksa ban, rem, lampu, oli, serta persiapkan alat-alat keamanan, berupa kotak P3K dan segi tiga pengaman," ujarnya saat meninjau Pos Pengamanan, Pelayanan dan Pos Terpadu Operasi Lilin Toba 2023 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sibolga, Jumat (29/12/2023), Jumat (29/12/2023).

Kemudian, sambung dia, pentingnya untuk tidak mengemudi dalam keadaan lelah atau di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan yang dapat mengganggu konsentrasi. Selain itu, menekankan pentingnya menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan. 

"Jangan lupa mengunci pintu serta jendela rumah dengan baik. Serta aktifkan sistem pengamanan, seperti alarm jika tersedia, dan beritahukan rencana keberangkatan kepada tetangga terpercaya atau mintalah mereka untuk sesekali memantau kondisi rumah," ujarnya. 

Selanjutnya, dia mengingatkan para pemudik untuk tidak memosting rencana perjalanan atau kegiatan mudik di media sosial hingga kembali. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari tindak kriminal yang mungkin dilakukan oleh orang-orang yang memanfaatkan informasi tersebut.

“Pergunakan teknologi yang ada dengan bijak, hati-hati membagikan informasi pribadi di media sosial dan simpan nomor kontak darurat, serta jangan ragu untuk menghubungi pihak kepolisian setempat jika terjadi situasi darurat,” tegasnya.

Terkait peninjauan pos pengamanan, pelayanan dan terpadu dalam rangka peningkatan koordinasi dan dukungan moril kepada personil yang bertugas, sekaligus untuk menyerahkan paket makanan ringan serta memberikan semangat dan memastikan langkah-langkah pengamanan terlaksana dengan baik selama Operasi Lilin Toba 2023, Taryono menyampaikan apresiasinya kepada personil yang bertugas karena telah bersinergi dengan baik dan menunjukkan dedikasi. 

"Saya bangga melihat tingkat kesiapan dan profesionalisme yang ditunjukkan oleh setiap personel kita di Operasi Lilin Toba 2023 ini. Semoga upaya kita bersama menjadikan perayaan tahun baru 2024 di Sibolga aman dan lancar," katanya. (jhonny simatupang)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com