Ribuan Mahasiswa FISIP UMSU Diberangkatkan untuk Dukung dan Kawal Pemilu 2024

Sebarkan:
Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP memberikan arahan kepada ratusan mahasiswa di halaman gedung FISIP UMSU, Jumat (12/1). (foto/ist)
MEDAN (MM) - Ribuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) ikut berpartisipasi dalam program “FISIP UMSU Dukung dan Kawal Pemilu 2024”. 

Pemberangkatan mahasiswa dalam program yang juga melibatkan semua dosen FISIP UMSU ini dilakukan secara simbolis di halaman gedung FISIP UMSU, Kampus Jalan Mukhtar Basri, Medan, Jumat (12/1/2024). 

Pemberangkatan yang diikuti ratusan mahasiswa juga langsung dihadiri Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, MSP, Wakil Dekan 1 Dr. Abrar Adhani, M.IKom, WD 3 Hj. Yurisna Tanjung, MAP, pimpinan program studi, dan dosen lainnya. Kegiatan juga disaksikan Anggota KPU Sumut, Robby Effendy Hutagalung dan anggota Bawaslu Sumut Payung Harahap, SH. 

Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh dalam pengantarnya menyampaikan teknis program ini adalah berbasis partisipasi dengan mengisi link online yang sudah disiapkan. Di hari Pencoblosan Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024 mahasiswa harus datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. Di sana, mereka melakukan selfi (foto diri) dan memoto suasana di TPS. Kemudian melaporkan suasana di TPS dan hasil penghitungan suara. 

“Semua itu diisi ke link online yang sudah ada. Mahasiswa yang isiannya lengkap akan mendapat Sertifikat Penghargaan dan yang laporannya paling bagus dan menarik akan diberi hadiah. Kita yakin, ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan FISIP UMSU tapi juga akan membantu KPU selaku penyelenggara dan juga Bawaslu sebagai pengawas,” jelas Arifin.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut positif program ini. “Kita sangat apresiasi kegiatan yang digagas FISIP ini. Ini salah satu bukti keterlibatan kampus kita dan mahasiswa UMSU dalam menyukseskan Pemilu 2024. Para mahasiswa harus memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Pemilu ini adalah sejarah bagi kalian,” ujar Rektor UMSU, Agussani dalam sambutannya. 

Rektor melanjutkan, UMSU sebagai lembaga pendidikan tinggi mendorong mahasiswanya untuk memanfaatkan momen ini sebagai bagian dari pendidikan politik. Mahasiswa diajak untuk berpartisipasi aktif ikut memberikan suara. Mahasiswa yang kebanyakan sebagai pemilih pemula bisa menjadikan momen Pemilu 2024 sebagai pengalaman sekaligus pembelajaran. Selain ikut memberikan suara, mahasiswa FISIP juga diharapkan ikut mengawal pelaksanaan pemungutan suara di TPS masing-masing sebagai bentuk dukungan Pemilu yang jujur dan adil. 

“Partisipasi aktif mahasiswa di TPS ini sekaligus diharapkan ikut mendorong masyarakat berpartisipasi dalam pemungutan suara. Kita juga nanti akan memberi penghargaan hadiah menarik untuk mahasiswa yang laporannya dinilai paling bagus,” kata Rektor lagi.

Robby Effendy dari KPU Sumut juga merasa gembira dengan program yang digagas FISIP UMSU. “Kami tahu, UMSU dan juga FISIP selalu ikut aktif terlibat dalam setiap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Terima kasih atas dukungan selama ini dan juga dukungan ke depannya. Kami yakin, kegiatan Dukung dan Kawal Pemilu 2024 ini akan sangat membantu dan ikut mendorong partisipasi dalam Pemilu 2024,’ ujarnya ketika diberi kesempatan menyampaikan sambutan.

Hal senada juga disampaikan anggota Bawaslu Sumut, Payung Harahap. Menurutnya, program kegiatan ini sudah termasuk bagian dari pengawasan partisipatif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. “Terima kasih kami kepada UMSU yang sudah melibatkan mahasiswa dan dosennya untuk menyukseskan Pemilu 2024. Kita berharap nanti ada tindak lanjut dari program ini dan Bawaslu Sumut siap bekerja sama untuk itu,” ujarnya di hadapan ratusan mahasiswa. (mm/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com