BI Sibolga Buka Layanan Penukaran Uang Pecahan Baru dan Pasar Murah

Sebarkan:

Sekdakot Sibolga, M Yusuf Batubara, di dampingi Kepala BI Sibolga, Yuliansah Andrias, dan Forkopimda Sibolga, memukul gordang batak di acara Kick off SERAMBI 2024 di Lapangan Simare-mare, Sibolga, Senin (18/3/2024). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Bagi masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang membutuhkan uang pecahan rupiah baru untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 1445/2024, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga telah membuka secara resmi layanan penukaran untuk itu yang dipusatkan di Lapangan Simare-mare, Sibolga. 

Layanan penukaran uang pecahan rupiah baru itu dibuka selama empat hari mulai Senin 18 Maret 2024 hingga Kamis 21 Maret 2024, lewat mobil-mobil kas perbankan (BI, BNI, Bank Sumut, BSI, Bank Sumut Syariah, BRI, Mandiri, Danamon, Sinar Mas, Danamon, dan BCA) yang ada di lokasi itu. Layanan penukarannya dimulai dari pagi hingga sore hari. 

Namun, untuk mendapatkan layanan penukaran uang pecahan baru itu atau sebelum masuk ke arena penukaran, masyarakat diwajibkan terlebih dahulu mendaftar di website www.pintar bi.go.id.

"Di situ nanti, masyarakat bisa mendaftarkan dirinya dan memilih tanggal, hari dan kasir (bank) tempat penukaran," ungkap Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Yuliansah Andrias, dalam keterangannya usai Kick Off SERAMBI 2024, Senin (18/3/2024) di Lapangan Simare-mare, Sibolga. 

Untuk layanan penukaran selama empat hari itu, BI Sibolga menyediakan uang pecahan rupiah baru bagi masyarakat Sibolga dan Tapteng sebanyak Rp8 miliar atau Rp2 miliar setiap harinya dengan maksimal penukaran per orangnya sebesar Rp4 juta. 

"Namun, untuk BI Sibolga sendiri yang memiliki wilayah kerja 16 kabupaten/kota, telah menyiapkan uang Rupiah dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri ini senilai total Rp1,54 triliun. Angka ini relatif sama dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, masyarakat jangan khawatir," tutur Andrias. 

SERAMBI 2024 ini merupakan akronim dari "Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024". Kegiatannya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup melalui layanan kas BI dan perbankan dalam menghadapi periode Ramadan dan Idul Fitri 2024. 

SERAMBI 2024 dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri" itu sendiri disusun dengan kondisi ekonomi saat ini yang terus tumbuh. Namun demikian, kegiatannya tetap mencermati dan mengajak masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah dengan bijak berbelanja.[cut]

Sekdakot Sibolga, M Yusuf Batubara, di dampingi Kepala BI Sibolga, Yuliansah Andrias, saat menukarkan uang pecahan di armada kas keliling perbankan di Lapangan Simaremare, Senin (18/3/2024). (foto:mm/jhonny simatupang) 
Kemudian, SERAMBI 2024 ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Di samping melaksanakan kegiatan penukaran uang, dan edukasi mengenai QRIS dan Cinta, Bangga, Paham, Rupiah (CBPR), SERAMBI 2024 diparalelkan dengan kegiatan pasar murah dalam rangka pengendalian inflasi kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga. 

Kegiatan pasar murah yang menjual berbagai bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, dan lainnya itu, bahkan diikuti Pertamina yang melayani penjualan gas tabung berbagai ukuran serta melibatkan beberapa distributor yang menyediakan bahan kebutuhan lainnya, seperti dari Wing's dan Alfa Mart. 

"Kami juga memfasilitasi kegiatan UMKM terkait dengan makanan dan minuman berbuka puasa. Bahkan dalam kegiatan ini, kami juga akan melakukan lounching layanan SKCK dengan QRIS," tukas Yuliansah

Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Sibolga, M Yusuf Batubara, saat membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri Danrem 023/KS atau yang mewakili Dandim 0211 Tapteng, Dansat Radar, Danlanal, Dandenpom, Kapolres Sibolga atau yang mewakili itu, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BI dan pihak Perbankan Sibolga dalam memberikan layanan kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang tunai rupiah yang layak edar guna menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024, serta diadakannya pasar murah untuk masyarakat bekerja sama dengan Pemkot Sibolga, bazar UMKM, dan edukasi CBPR serta QRIS. 

"Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa penukaran uang Rupiah agar bisa memilih tempat tempat yang resmi guna menghindari tindak kejahatan. Dan tidak kalah penting adalah mewaspadainya adanya peredaran uang palsu. Caranya supaya lebih teliti melihat bentuk fisik uang yang diterima dan melaporkan kepada pihak berwajib apabila menemukan uang palsu," tukas Yusuf. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com