Gagal Melaut, Nelayan Belawan Temukan Pelampung Navigasi di Lautan

Sebarkan:
Nelayan asal Belawan menemukan satu unit pelampung navigasi besar (LNB atau Lanby buoy) milik Distrik Navigasi Klas 1 Belawan.(foto/ist)
BELAWAN (MM) - Nelayan asal Belawan menemukan satu unit pelampung navigasi besar (LNB atau Lanby buoy) milik Distrik Navigasi Klas 1 Belawan. 

Informasi diperoleh menyebutkan, pelampung tersebut pertama kali ditemukan Legiono (56), nelayan asal Belawan l Kecamatan Medan Belawan di sekitar perairan Jaring Halus, Kabupaten Langkat pada Minggu (24/3/2024) sekira pukul 17.00 WIB. 

"Saat itu saya sedang mencari ikan di perairan Jaring Halus Kabupaten Langkat, melihat ada benda perapung-apung dilaut. Saya pun mendekatinya, ternyata pelampung suar,"kata Legiono saat ditemui wartawan medanmerdeka.com, Rabu (27/3/2024). 

Selanjutnya kata Legiono, pelampung suar dengan cat warna kuning biru, ia tarik mengunakan sampannya. Sehingga ia mengurungkan niatnya untuk mencari ikan. Selama enam jam, sekira pukul 23.50 WIB, ia tiba di dermaga Navigasi Kelas l Belawan Pelabuhan Ujung Baru Belawan. 

Sementara itu Ketua DPC HNSI Kota Medan Abdul Rahman mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada nelayan Belawan yang telah mau peduli dengan keselamatan pelayaran dan menyelamatkan aset negara. 

Abdul Rahman berharap pihak Distrik Navigasi Klas 1 Belawan memeriksa semua alat navigasi di laut terutama sekitar perairan Belawan karena hal yang sama bisa terjadi. 

"Kami dari DPC HNSI Kota Medan juga meminta pihak terkait dan aparat penegak hukum (APH) melakukan penyelidikan penyebab pelampung suar itu bisa lepas dari pengikatnya.Bisa jadi pemberat pelampung suar itu dicuri karena terbuat dari besi yang laku dijual di pasar loak dengan harga yang menjanjikan," terang  Abdul Rahman.

Selain itu juga, Abdul Rahman berharap Distrik Navigasi Klas 1 Belawan dapat memberikan perhatian kepada nelayan yang menemukan pelampung suar sebagai bentuk ucapan terimakasih atas usaha nelayan tersebut. (Awal Yatim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com