Ribuan Kafilah Semarakkan Pawai Pembukaan MTQ ke-55 Asahan

Sebarkan:
Para kafilah MTQ ke-55 dilepas Bupati dan forkopimda Asahan. (foto/ist)
ASAHAN (MM) – Bupati Asahan H Surya Bsc bersama unsur forkopimda, membuka resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Qu'ran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan.

Pembukaan berlangsung meriah, ribuan kafilah dari 25 kecamtan melakukan pawai yang dilepas langsung Bupati H. Surya BSc, di halaman Masjid Agung H Achmad Bakrie, Kisaran, Rabu (24/04/2024). 

Pembukaan dihadiri Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar, Ketua DPRD H Baharuddin, Kapolres, Kajari, Ketua PN Kisaran, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakili Danlanal TBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD, Ketua TP PKK Asahan, Ketua DWP Asahan serta ribuan masyarakat. 

Panitia penyelenggaran MTQ ke-55, Drs John Hardi Nasution yang juga Sekda Asahan mengatakan, pelaksanaan MTQ diikuti 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 771 orang. 

Adapun cabang yang dipertandingkan Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Qur'an, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Qur'an, Qiro'at Al-Qur'an. 

"Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai,” kata John Hardi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan, penyelenggaraan MTQ harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syi'ar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Bupati berharap, pelaksanaan MTQ bisa menggairahkah semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi ummat.[cut]

Ketua TP PKK Asahan Sugiharti Surya bersama pengurus melepas balon ke udara pertanda dibukanya pelaksanaan MTQ ke-55 Asahan.
"Patut kita syukuri bahwa dari Tahun ke Tahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri," ujarnya.

Bupati berharap kepada para qari, qori'ah, hafidz, hafizhah dan para penggiat Al-Qur'an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur'ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas.

Asahan Expo 2024

Kegiatan MTQ ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Asahan Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan yang ke-78, sebagai kegiatan yang dapat mempublikasikan pembangunan yang sudah ada mempromosikan produk-produk unggulan kecamatan, menampilkan potensi budaya, dan pariwisata, yang diharapkan nantinya dapat bersaing dengan daerah lain. 

Kepada seluruh kafilah Bupati mengharapkan agar adik-adik dan saudara-saudara sekalian dapat nampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti kita akan mendapatkan qari dan qariah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur'an Tingkat Provinsi dan Nasional . 

Kegiatan ini diakhir dengan penekanan sirena dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan bersama Forkopimda Kabupaten Asahan. Dilanjutkan dengan peninjauan stand Asahan Expo di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran.(ismanto panjaitan)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com