Bupati Asahan dan Ketua Kwartir Pramuka Sumut Gelar Orientasi Mabi dan Mabiran

Sebarkan:

 


ASAHAN - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut, H.Nurdin Lubis menggelar Orientasi Unsur Majelis Pembimbing (Mabi) dan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan, di aula kantor Bupati Asahan,

Dikatakan Nurdin Lubis, tujuan Gerakan Pramuka untuk membentuk Pramuka agar memiliki pribadi beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin, sehat jasmani dan rohani, setia pada NKRI dan berjiwa Pancasila.

Adapun tujuan pendidikan kepramukaan, sambung Nurdin, yaitu untuk membentuk kepribadian, kecakapan dan akhlak mulia dengan melakukan penghayatan dan pengamanan nilai kepramukaan, mencakup keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, cita kepada alam semesta dan manusia, dll.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Asahan yang juga Bupati Asahan, H.Surya BSc, mengatakan fungsi Mabi yaitu memberi bimbingan dan bantuan konsultasi kepada kwartir yang bersangkutan agar dapat memecahkan masalah-masalah moral, mental, dan psikologis, termasuk meningkatkan jumlah dan mutu anggota Gerakan Pramuka.

Selain itu, Mabi memecahkan masalah-masalah materi, termasuk fasilitas, dana dan sarana serta menjalankan segenap usaha yang berkaitan dengan masalah-masalah finansial, terutama usaha untuk mengumpulkan dana, agar dapat memperoleh subsidi dan pemberian lain dari masyarakat yang tidak bertentangan dengan AD/ART Gerakan Pramuka. Bupati Asahan meminta kepada para Camat untuk turun bergerak dalam membina gerakan pramuka di wilayahnya. (panjaitan/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini