STFJ Latih Mahasiswa Tentang Pertolongan Pertama Bagi Korban Cedera

Sebarkan:

PELATIHAN : STFJ memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang pertolongan pertama bagi korban cedera. (foto:atar/mm)

MEDAN - Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ) menggelar pelatihan firts aid atau pertolongan pertama untuk materi kemampuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) . Narasumber Firstaider Sulviani  yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Pelatihan itu diikuti kelompok mahasiswa lingkungan yang tergabung dari Independen Nature Jurnalis Indonesia (INJI) Warrior,  sejumlah staf  dari WCS-IP dan YOSL-OIC di Kantor STFJ Jalan Eka Rasmi Komplek Melinjo , Medan , Minggu (12/12/2021). 

Direktur STFJ Rahmad Suryadi mengatakan,  pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta sehubungan dengan dasar penanganan darurat untuk masyarakat awam dalam penanganan pada suatu korban cedera, sakit atau kecelakaan.

“Kegiatan ini juga dapat memberikan bekal ilmu untuk para peserta dengan keterampilan dasar, terutama berkaitan dengan konsep dasar dan prosedur untuk mengatasi keadaan gawat darurat,” katanya.

Sementara itu Firstaider, Sulviani menjelaskan, dalam pelatihan ini  peserta dilatih  untukt melakukan penilaian insiden darurat di lapangan dan mampu memberikan bantuan awal kepada korban kecelakaan dengan cepat, akurat dan aman.

“Peserta dilatih cara merespon saat menangani korban yang mengalami keadaan gawat darurat juga mampu mengenali kondisi yang mengancam jiwa korban,” ujar Sulviani.

Sementara itu, mahasiswa yang tergabung dalam Inji Warrior, Ibnu Agung Perdana mengungkapkan, pe;atihan tersebut sangat bagus dan menambah pemahaman perihal pertolongan pertama dalam kecelakaan.

“Pelatihan ini juga penting untuk diketahui setiap orang. Karena ini juga menjadi bekal kita untuk menolong korban kecelakaan,” ucap Ibnu.

Ibnu juga mengatakan, pelatihan ini menjadi penguatan kapasitas individu, sebab keahlian ini sangat diperlukan ketika di lapangan. (atar/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini