Resmikan Rusun, Gubsu Harap KEK Sei Mangkei Tertata Baik

Sebarkan:

Gubsu Edy Rahmyadi meresmikan rumah susun di kawasan KEK Sei Mangkei, Simalungun. (foto/ist)
SIMALUNGUN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan Rumah Susun  (Rusun) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Rabu (5/1). Rumah susun ini ditujukan untuk pekerja di KEK Sei Mangkei agar mempercepat perkembangan kawasan industri ini

Ada 60 unit Rusun siap huni yang diresmikan Gubernur Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut. Terletak di Jalan Keramat Kubah, Desa Perdagangan II, Kabupaten Simalungun, posisi Rusun ini strategis untuk hunian karena aksesnya yang mudah.

"Yang perlu kita perhatikan tentu KEK ini tetap tertata dengan baik, harus sesuai dengan rencana karena tempat ini akan menjadi kawasan yang besar, kawasan yang maju," kata Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Dengan adanya Rusun yang terintegrasi dengan KEK Sei Mangkei, diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan kawasan ini. Selain itu, menurut Edy Rahmayadi, pembangunan Rusun juga perlu dibarengi fasilitas lainnya seperti sekolah, rumah ibadah dan lainnya.

"Ini kita lihat lokasinya, tidak boleh salah menentukannya termasuk sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat olahraga dan lainnya. Kita harus rencanakan dengan baik," tambah Edy.

Sebanyak 60 unit Rusun yang diresmikan menurut Direktur Perkebunan Nusantara Edward Samantha Ginting merupakan tipe 36. Rencananya akan dibangun total enam tower Rusun untuk memenuhi hunian pekerja di KEK Sei Mangkei

"Ada tambahan paling tidak 10 tenant di tahun 2022, itu akan menyerap ribuan tenaga kerja karena saat ini satu industri sekitar 500 karyawan. Jadi perlu kita persiapkan demi kelancaran kawasan ini," kata Edward.

Hadir pada peresmian ini Bupati Batubara Zahir beserta istri, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldy dan Kapolres Batubara Ikhwan Lubis. Hadir juga jajaran PTPN III, investor Sei Mangkei dan OPD Pemprov Sumut terkait. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini