Durian Tambangan Situmbaga Jadi Juara di Ajang Pekan Raya Durian Madina 2022

Sebarkan:
Pekan Raya Durian 2022 digelar di Kabupaten Madina. (foto:mm/fadli)
MADINA - Durian  Si Tumbaga dari Desa Muaramais Jambur, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) akhirnya keluar sebagai juara pertama pada Pekan Raya Durian tahun 2022.

Pekan Raya Durian yang dihelat dari mulai 12-13 Februari di Kecamatan Tambangan, menampilkan berbagi macam jenis durian.

Sementara peserta dewan juri menilai 98 pemilik durian yang semuanya berasal dari Kecamatan Tambangan, dan diikuti 19 desa dan satu kelurahan.

Pada peniliannya dewan juru membagi beberapa kategori, yang pertama  penampilan luar durian terdiri, bobot buah, bentuk buah warna kulit.

Kedua, penampilan dalam tekstur daging, serat daging buah, warna daging. Ketiga, Pongge, ketebalan daging, biji, kesempurnaan dalam juring. Keempat, rasa aroma umami. Kelima, keunikan. Dan keenam proporsi berat daging buah dua prosen.

Friska E.K. Harahap selaku dewan juri dari Lembaga Usaha Sertifikasi Pariwisata Kemenparekrap (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengatakan, ini adalah kali ke empatnya dilaksanakan di Sumut, dimana yang pertama dilaksanakan di Binjai dengan peserta dari Binjai, Deliserdang dan Langkat.

Ia berharap, melalui kegiatan seperti ini pemerintah masyarakat tertarik mengembangkan ekonomi  kerakyatan yang kreatif dan inovatif, sehingga turut meningkatkan pendapatan keluarga.

Daftar Pemenang Pada Pekan Raya Durian:
  1. Durian Si Tumbaga dari Desa Muaramais Jambur, Kecamatan Tambangan.
  2. Durian Si Pisang dari Desa Rao Lombang.
  3. Durian Si Untong Osa dari Kelurahan Laru Lombang.
  4. Durian Si Tumbaga yang sudah berumur 40 tahun lebih dari Desa Raorao Dolok.
  5. Durian Silambang dari Desa Rao-Rao Dolok
  6. Durian Si Geduk dari Desa Raorao Lombang
  7. Juara favorit durian Bombom yang berasal dari Desa Penjaringan. (fadli/mm)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini