Maya Zahir Latih Perajin Batik Batubara dengan Konsep Eco Printing

Sebarkan:

Ketua TP PKK Batubara Maya Indriasari Zahir. (foto/ist)
BATUBARA - Ketua TPKK Batubara Maya Indriasari Zahir memberikan pelatihan Eco Printing kepada kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). 

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha agar lebih maju lagi, terutama di tengah pandemi COVID-19. Selain mengedukasi, istri Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP juga memberikan bahan baku kebutuhan produksi, di Kecamatan Sei Balai, Senin kemarin.

Diterangkan Maya, Eco Printing yaitu membuat motif pada kain yang ramah lingkungan dan sangat tren di kalangan masyarakat. Bahan-bahan baku alami yang digunakan terdiri dari tumbuhan, seperti bunga, daun hingga batang tanaman.

Program pelatihan dan keterampilan ini, sambung Maya, merupakan program kolaborasi PKK dengan Dinas Koperasi dan UMKM Batubara.

Untuk memberikan pelatihan hingga praktek,TP PKK menghadirkan langsung praktisi Eco Pinting Purwokerto dan Jogjakarta yang sudah berpengalaman.

"Pelatihan yang diberikan ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk memotivasi sekaligus membangkitkan sekaligus meningkatkan ekonomi pelaku UMKM ditengah pandemi," kata Maya.

Fatimah peserta pelatihan Eco Printing warga Desa Pare-pare mengaku merasa terbantu denganpelatihan yang diberikan pemerintah daerah. Diapun berharap, materi yang diajarkan akan membantu menambah wawasan dan kreativitas pelaku UMKM untuk lebih maju lagi, terutama di pasar modern.

Sejauh ini, sambung Fatima pihaknya sangat membutuhkan dukungan Pemkab Batubara terutama dalam hal kebutuhan bahan baku dan lokasi/ tempat membatik. "Jika ini diberikan tentunya sangat membantu sekali, apalagi sudah diajarkan tentang Eco Printing," terangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pembkab Batubara gencar membangkitkan UMKM lokal, terutama di tengah pandemi.Produk-produk lokal yang merupakan hasil karya daerah digenjot memenuhi pasar nasional hingga mancanegara. (zein/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini