Mobil Pick Up Masuk Jurang di Toba, Basarnas Maksimalkan Pencarian

Sebarkan:

Tim Basarnas bersiap menuruni dinding jurang untuk mencari korban. (foto/Dok Kantor SAR Medan)
TOBA -Pihak Basarnas dari Pos SAR Danau Toba melakukan pencarian pengemudi mobil Pickup yang jatuh ke jurang di Nassau, Kabupaten Toba.

Pencarian ini dilakukan dengan menuruni tebing jurang untuk mencari keberadaan mobil dan pengendara yang terjun bebas dan jatuh ke sungai Aek Hualu Sipege-pege, Desa Sibanding, Kecamatan Sipege-pege, Kabupaten Toba.

Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan, peristiwa jatuhnya mobil ke jurang terjadi pada Jumat 4 Februari 2022 lalu. Belum diketahui penyebabnya, namun tiba-tiba mobil yang dikemudikan  Tunggul Siagian (60), warga Desa Paridian, Kecamatan Nassau, masuk ke jurang. "Mobil naas tersebut diduga jatuh kejurang dengan kedalaman 50-70 meter," katanya, Senin (7/2/2022).

Hingga pencarian hari ketiga hari ini, Basarnas Medan melalui Pos SAR Parapat Danau Toba terus melakukan upaya yang maksimal mencari korban. Personil Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba melakukan pencarian dengan menuruni tebing jurang menggunakan tali dengan sistem Lowering dan Lifting.

"Pada Hari kedua Pencarian, Personil Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba menemukan Pecahan kaca, Belting mesin dan bekas goresan tanah diduga milik mobil yang jatuh ke jurang namun mobil dan korban belum diketemukan," ujarnya.

Hari ini kata Sariman, personil SAR akan kembali melanjutkan pencarian dengan menuruni tebing jurang menggunakan tali dengan sistem Lowering dan Lifting. Mereka juga akan memastikan temuan terakhir dimana alat mereka berupa gancu tersangkut pada sebuah benda yang diduga mobil naas tersebut. "Derasnya arus sungai dan dalamnya jurang menyulitkan personil menjangkau permukaan sungai," sebutnya.

Untuk pencarian korban, personil SAR melakukan pencarian dengan menyisir sepanjang bibir tebing menuju hilir sungai dengan scouting darat dan memasang jaring di hilir sungai sejauh sekitar 5 KM dari titik terakhir korban diketahui terjatuh.

"Hari ini tim SAR gabungan akan mendatangkan mobil Crane utk membantu menarik Gancu/Jangkar yang tersangkut dibawah air dgn tetap dipandu oleh personil Rescuer Pos SAR Parapat dengan cara Lowering," pungkasnya. (red/mm)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini