Dua Objek Wisata Ikonik di Samosir ini Jadi Perhatian Jokowi

Sebarkan:

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kampung Ulos Hutaraja, Sipoholon, Kabupaten Samosir, Rabu (2/2/2022). (foto/ist)
SAMOSIR - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)  melakukan kunjungan kerja ke Sumut, Rabu (2/2). Salah satu yang menjadi perhatian Presiden RI ini adalah penataan dua objek wisata di Pulau Samosir.

Dua objek wisata tersebut adalah Huta Siallagan, Kecamatan Simanindo dan Hutaraja, Kecamatan Sipoholon. Dua tempat wisata ini merupakan objek wisata ikonik di Pulau Samosir.

Di Hutaraja penataan yang dilakukan antara lain pembangunan dan revitalisasi Rumah Bolon, Tourist Information Centre (TIC), amphitheater, plaza dan toilet umum. Penataan ini memakan biaya sekitar Rp25,8 miliar yang sudah dimulai sejak tahun 2021 oleh Kementerian PUPR.

"2,5 tahun yang lalu saya ke sini, sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali," ungkap Jokowi, saat memberikan keterangan pers di Hutaraja.

Didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Menteri Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menparekraft Sandiaga Solahuddin Uno dan Menteri PUPR M Basoeki Hadimoeljono, Jokowi resmikan Kampung Ulos melalui penandatanganan Prasasti Penataan Kampung Ulos Huta Raja. Dia berharap penataan Kampung Ulos bisa dikerjakan dengan baik dan benar.

"Semoga revitalisasi ini konservasi budaya ini warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan," tambah Jokowi.

Jokowi juga berterima kasih kepada masyarakat Samosir khususnya masyarakat setempat, pemerintah daerah dan Kementerian PUPR yang telah menata Kampung Ulos dengan sangat baik.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat, pemerintah daerah dan Kementerian PUPR," ungkap Jokowi.

Sementara itu, di Huta Siallagan juga dilakukan hal serupa termasuk pembangunan sarana dan prasarana pariwisata dengan biaya Rp30 miliar. Kementerian PUPR juga melakukan pembenahan beberapa rumah warga menjadi homestay yang menarik.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap semua pembangunan yang dilakukan bisa mendongkrak ekonomi Sumut khususnya Samosir melalui pariwisata. Dia juga mengajak masyarakat dan Pemda untuk menjaga dan memelihara infrastruktur yang sudah di bangun.

"Pembangunan di sekitar Danau Toba sangat gencar, mudah-mudahan ini mendongkrak perekonomian masyarakat kita. Dan kita harus bisa memelihara dan juga mengembangkannya," kata Edy Rahmayadi didampingi Bupati Samosir Vandiko T Gultom.(red/mm)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini