Tim Pengabdian USU Berikan Pelatihan Jurnalistik dan Public Speaking Pelajar MAS Plus Al-Ulum Medan

Sebarkan:

Tim Pengabdian USU berfoto bersama pengurus Yayasan MAS Plus Al-Ulum Medan. (foto/dok)
MEDAN (MM) - Tim pengabdian Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan pelatihan jurnalistik dan public speaking di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Plus Al-Ulum Medan. 

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juni 2022, dibawakan langsung Tim Pengabdian Profesor Lusiana Andiani Lubis, MA, PdD dan Dr. Zulfendri,SKM, beserta sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU.

Profesor Lusiana Andiani Lubis, MA, PdD, mengatakan, Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang yang merupakan wakil-wakil dari setiap kelas 10 dan 11 ditambah pengurus OSIM Al-Ulum Medan. 

Kegiatan pelatihan dibuka Ketua umum Yayasan, Dra.Hj. NurulIzzah Djamal, MM, didamping Kepala Sekolah (Kepsek) MAS Plus Hj. Erlina Hasan, dan dihadiri para guru sekolah.

Prof.LusianaLubis  mengatakan, hari pertama kegiatan 13 Juni 2022, materi dibawakan tim pengabdian USU dan dilanjutkan tanyajawab sejumlah peserta. Respon peserta sangat baik, apalagi dipraktikan langsung.

Sesi kedua dilakukan dengan membentuk kelompok, yang terbagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok beranggotan enam hingga tujuh peserta. Setiap kelompok didampingi mahasiswa, diantaranya Aisyah Dwi Puteri, Annisa Danela Pasaribu, Cyntia , Botoni S, Patrisiadan (guru).

Kelompok pelajar berdiskusi menyusun judul dan menulis berita. (foto/ist)
Para peserta dan mahasiswa berdiskusi. Mulai dari judul pembuatan berita, sekaligus memberi tugas rumah kepada peserta. Tugas ini nantinya dikumpulkan pada kegiatan kedua pelatihan. Tugas diberikan kepada masing-masing peserta sehingga benar-benar paham sekaligus menambah wawasan anak-anak dalam menulis sebuah alur berita, bukan menulis di media sosial. Sebab sebuah berita mengandung unsur 5W + 1 H. 

Pada kegiatan hari kedua 14 Juni 2022, sambung Prof.Lusiana Lubis, peserta kembali hadir berdasarkan kelompok. Bahan-bahan tulisan berita yang ditugaskan dikumpulkan. Masing-masing peserta menyampaikan persentase di depan.

Selanjutnya tim pengabdian USU melakukan evaluasi dan mengambil 10 tulisan peserta terbaik. Peserta terbaik kemudian dilibatkan dalam membawa acara MC, membaca Alquran, sambutan mewakili siswa.

Para siswa kemudian menyampaikan terima kasih atas pelatihan jurnalistikdan public speakin. Adanya penambahan ilmu, peserta, keberanian berbicara di depan publik. Ada komitmen anak-anak untuk memulai karya pertama dengan mengiasi majalah dinding dengan berita yang diliput dari sekitar sekolah. Pengalaman lainnya yang berisikan informasi dani lmupengetahuan. (ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini