Hari Raya Idul Adha 1443, Presiden Jokowi Salurkan Hewan Kurban di 34 Provinsi

Sebarkan:
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. (foto/ist)
JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sapi kurban di 34 provinsi untuk Idul Adha 1443. Jokowi membeli sapi-sapi tersebut kepada peternak lokal di tiap provinsi.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, sapi untuk kurban Jokowi memiliki standar berat yang telah ditentukan. Heru menyebut, sapi kurban Jokowi berat minimal 800 kilogram.

“Per provinsi satu. Kita harapkan beratnya minimal 800 kilo sampai 1 ton. Ada daerah yang 1,4 ton di NTB,” jelas Budi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/7/2022).

Heri menjelaskan, proses penunjukan sapi Jokowi melalui rekomendasi para gubernur. Nantinya, gubernur yang menentukan tempat atau daerah penyembelihan sapi kurban Jokowi.

Lebih lanjut, Heru menyebut pemerintah daerah diminta untuk mengawasi ketat sapi kurban Jokowi. Pasalnya saat ini beberapa daerah sedang dilanda virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Setelah itu turun dinas peternakan setempat dan dampingi dan dikonsultasikan oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama,” ucapnya.

“Sudah dua minggu diawasi oleh dinas pertanian suaya sehat, gemuk, dan tidak terttular (PMK) atau istilahnya sudah dipingit,” tutupnya.(mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini