Indahnya Berbagi, Dinas Pendidikan Batubara Sembelih 16 Ekor Hewan Kurban

Sebarkan:
Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Batubara Ilyas Sitorus dalam kegiatan pemotongan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. (foto/ist)
BATUBARA (MM) - Keluarga besar Dinas Pendidikan, Kabupaten Batubara, menyembeli 15 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Selain menjalankan perintah agama, pemotongan hewan kurban memperkuat silaturahmi dan berbagi antar sesama.

Hal ini dikatakan Bupati Ir.H.Zahir MAP, yang tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makah, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batubara, Ilyas Sitorus. “Hari Raya Idul Adha saat ini momentum yang tepat untuk saling berbagi disituasi pandemic COVID-19 saat ini,” kata Ilyas, Selasa (12/7/2022).

Dijelaskan Ilyas, berkurban merupakan wujud ketaatan dan keikhlasan serta keteladanan hamba Allah, Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS. “Ketaaan itu ujian yang berat untuk hidup ikhlas akan perintah Allah SWT. Melalui berkurban dengan hewan yang telah disyariatkan pula, manusia diajarkan untuk mengorbankan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada sesame,” ujar Ilyas. 

Ilyas menuturkan juga bahwa manusia dilahirkan ke muka bumi untuk mengalami ujian, termasuk ujian dalam kepemilikan harta dan benda. Meski demikian, manusia harus menyadari bahwa harta tersebut hakikatnya tak seutuhnya dimiliki, karena semua hanya titipan dari yang Maha Kuasa. “Yah seolah-olah milik kita, itulah yang sedang diuji oleh Allah SWT, mau tidak kita mengorbankan sebagian milik kita tadi,” tandas Ilyas.

Untuk itu, Ilyas mengajak keluarga besar Dinas Pendidikan  mengambil hikmah atau memetik pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim AS. 

“Setiap kita adalah Ibrahim. Sesungguhnya Ibrahim tidak diperintah Allah untuk mengikhlaskan Ismail, Ibrahim hanya diminta Allah yang Maha Besar untuk menghapus rasa kepemilikan terhadap Ismail. Pada hakikatnya semua adalah milik Allah pencipta alam semesta,” ungkap Ncekli safaan akrab Ilyas Sitorus.

Lebih lanjut Ilyas mengatakan bahwa setiap kebaikan adalah sedekah, yang berfungsi untuk mensucikan diri dan harta, Ibadah kurban adalah amal kebaikan yang sangat Allah sukai. 

“Kepada seluruh peserta kurban tahun ini, saya ucapkan terimakasih. Kita bisa berbagi melalui ibadah kurban, ini suatu yang Allah sangat sukai. Bismillah berkah dan sehat kita semua. Insyah Allah COVID-19 segera berakhir, Allah memberi umur panjang sehingga tahun depan kita bisa ber-kurban kembali dan mengajak kawan-kawan lainnya sehingga jumlah yang lebih banyak dan kita bisa berbagi lebih banyak lagi,  amiin yaa robbal alamiin,” harap Ilyas.

Ketua Panitia Kurban Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor, mengatakan, Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Dinas Pendidikan menyembelih 16 ekor lembu kurban. Rangkaian kegiatan dilakukan dengan mengedepankan protocol kesehatan (Prokes) dan seluruh hewan yang disembeli bebas dari wabah PMK. (zainuddin zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini