KPU Jaring 190 Juta Calon Pemilih, PKB Kejar Target 100 Kursi DPR

Sebarkan:

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. (foto/ist)
JAKARTA (MM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022 Tingkat Nasional. Hasilnya, terdapat total ada 190.022.169 calon pemilih data bulan berjalan (DPB) yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang. 

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan jumlah DPB sebelumnya sebanyak 190.659.348. Sementara jumlah pemilih pemula tercatat sebanyak 428.799 orang. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) mengalami kenaikan dari sebelumnya 673.421 TPS menjadi 700.011 TPS. Rekapitulasi pemuktakhiran data pemilih itu dilakukan KPU Pusat bersama dengan KPUD Provinsi se-Indonesia dan perwakilan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. 

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, setelah dilakukan rekapitulasi data pemilih, pihaknya langsung menggenjot persiapan Pemilu 2024 agar target 100 kursi DPR RI bisa tercapai. 

”Alhamdulillah, data calon pemilih sudah terekap, ada penurunan jumlah pemilih dan ada penambahan jumlah TPS. Hal yang patut kita lihat di Pemilu 2024 nanti ada kurang lebih setengah juta pemilih pemula yang masuk. Kami dari PKB mengajak semua struktur PKB untuk menggerakkan mesik politik, semua struktur PKB untuk mempersiapkan diri,” ujar Gus Jazil saat menghadiri Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022 Tingkat Nasional di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Gus Jazil meminta semua struktur PKB di kabupaten/kota dan provinsi untuk melihat data di masing-masing daerah dan segera melakukan kerja-kerja pemenangan untuk merebut hati masyakarat para calon pemilih. ”Dengan persiapan yang matang, kami berharap target 100 kursi DPR RI bisa terealisasi,” katanya. 

Terkait dengan pemilih pemula, Gus Jazil mengatakan bahwa PKB memberikan perhatian khusus kepada para calon pemilih pemula. Menurutnya, sejauh ini PKB sangat concern terhadap anak muda. Bahkan, kepengurusan partai baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota banyak diisi oleh anak-anak muda.

”Pemilih pemula yang kami tahu mereka akrab dengan dunia digital, media sosial maka kami pun konsentrasi merebut hati anak-anak muda dengan cara mereka. Saya mengajak anak-anak muda untuk bergabung dengan PKB. Kita juga dekati mereka lewat berbagai hobi anak-anak muda sehingga mereka punya kesan yang baik sehingga mau bergabung dengan PKB,” katanya.

Wakil Ketua MPR ini bersyukur sejauh ini PKB sudah berhasil menyelesaikan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU sebagai syarat kepesertaan pemilu 2024.

”Alhamdulillah Sipol sudah terisi semua. Berikutnya, kami akan mengisi calon-calon anggota legislatif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan tingkat pusat. Kami mengajak siapa saja yang berminat untuk berjuang dan berkiprah di politik untuk maju sebagai caleg PKB. Langkah berikutnya kita menyiapkan saksi penggerak TPS,” tuturnya. (mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini