Percepatan Akseptasi Transaksi Digital, BI Sibolga Gelar Tortor Digifest 2022 di Samosir

Sebarkan:
Kepala BI Sumut Doddy Zulferdi, Kepala BI Sibolga Aswin Kosotali bersama Bupati Toba dan Bupati Tapsel memukul Gong pertanda dibukanya Tortor Digifest 2022 di Samosir. (foto:mm/jhonny simatupang)
SAMOSIR (MM) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga menggelar Tortor Digifest 2022 di Parbaba Beach, Desa Situngkir, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (5/7/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (5-6/7/2022) dan dibuka secara daring oleh Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno ini, merupakan rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 dan salah satu bentuk dukungan BI Sibolga terhadap flagship BI dengan tujuan sebagai wadah peningkatan percepatan akseptansi transaksi digital serta upaya BI untuk meningkatkan awareness dan pengetahuan pemerintah daerah (Pemda), masyarakat, serta pelaku usaha untuk menghadapi tantangan dan kondisi ekonomi, bisnis di era masa depan.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Aswin Kosotali mengatakan, Tortor Digifest 2022 ini dilaksanakan dalam suatu rangkaian kegiatan berupa Pre Event, Main Event, serta Side Event. Pre Event terdiri atas Digital Campus Carnaval yang dilaksanakan pada 21 Juni 2022 di Institut Teknologi DEL dengan tema “Generasi Muda Handal, Generasi Paham Pembayaran Digital“ dengan partisipan dari beberapa perguruan tinggi di wilayah BI Sibolga, dan Togaraja Digital Camp pada 30 Juni-1 Juli 2022 di Togaraja, Desa Partungko Naginjang, Samosir dengan tema “Pendapatan Lokasi Wisata Bertambah Cuan dengan Digitalisasi Pembayaran” untuk kelompok sadar wisata, media dan pramuka kuartir Samosir.

"Serta Lomba Karya Tulis Jurnalistik dan Ilmiah yang dilaksanakan secara online sejak 10-30 Juni 2022 yang ditujukan kepada media dan mahasiswa di wilker BI Sibolga," kata Aswin. 

[cut]

Sementara, Main Event dilaksanakan pada 5-6 Juli 2022, terdiri atas launching inisiatif perubahan transaksi dari tunai ke non tunai/digital di BI Sibolga yang disebut dengan “BESTIE: Bank Indonesia Sibolga digital Transaction Initiative movement”. 

Inisiatif tersebut antara lain SIAP QRIS Pasar, e-payment transportasi danau/kapal rakyat, dan e-payment homestay, e-parkir, e-retribusi, QRIS untuk komunitas rumah ibadah, tempat wisata, kuliner, entertainment (tv kabel local), donasi dan sebagainya.

Kemudian, talkshow dengan tema “Metaverse Datang, Apakah Pemerintah, Pariwisata, dan Bisnis Masyarakat Goyang? dengan narasumber dari Kemendagri, Telkom dan PT WIR Asia Grup, serta pemberian digital initiative award kepada Pemda di wilker BI Sibolga untuk kategori IETPD Terbaik, Kanal Digital Terbaik dan Inovasi Program ETPD terbaik. 

Selanjutnya, penandatanganan SK Roadmap ETPD atas selesainya Roadmap ETPD yang telah disusun oleh Pemda di wilker BI Sibolga dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkom Indonesia dan Pemda dengan ruang lingkup kerja sama berupa peningkatan capacity building dan social learning sampai ke tingkat desa, serta pengembangan infrastruktur dan e-Government, pengembangan penyediaan WIFI Id di public service dan public area, dan pengembangan wira usaha muda dan UKM berbasis digital. 

Selain itu, sosialisasi QRIS, Cinta Bangga Paham Rupiah, Jingle Competition CBPR, serta lomba dan kegiatan kreatif mewarnai, menggambar, dan fashion show, lomba rank 1 dengan tema “Digital Payment System” yang ditujukan kepada partisipan mulai dari TK, SD, SMP, SMU dan tenaga pendidik (Guru) untuk memberikan awareness mengenai dengan sistem pembayaran digital sejak dini kepada para pelajar dan tenaga pendidik.

[cut]

"Dan Bazar/Exhibition yang menampilkan produk dari binaan UMKM BI Sibolga dan binaan Dekranasda Samosir, digital payment dari PJP/perbankan, destinasi wisata Samosir serta pesta rakyat berupa live music dan hiburan dengan musisi ternama dari wilayah Sumater Utara (Jun Muthe)," beber Aswin.

Sedangkan Side Event terdiri atas,Onboarding UMKM yang dilaksanakan secara offline pada 4-6 Juli 2022 di Tuktuk, yang dihadiri oleh pelaku usaha (UMKM) di Samosir dan BIKASLING (BI KAS KELILING) Goes to Samosir pada 5-6 Juli 2022.

"Dapat kami sampaikan juga bahwa penyediaan jaringan internet untuk kegiatan Tortor Digefest ini berdasarkan sinergi dan disuport oleh Telkom. Semoga kegiatan ini merupakan ikhtiar kita semua untuk membantu pemerintah agar pemulihan ekonomi dapat terakselerasi dengan cepat," tukas Aswin.

Sementara itu, Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulferdi mengharapkan, kegiatan Tortor Digifest 2022 ini mampu meningkatkan awareness dan literasi seluruh masyarakat, pelaku usaha, dan Pemda terhadap perkembangan digitalisasi, baik di Samosir maupun di wilayah Sumut. Serta mampu meningkatkan komitmen dan motivasi Pemda untuk mendorong upaya perluasan elektronifikasi transaksi Pemda di Samosir

Juga diharapkan Tortor Digifest menjadi salah satu kegiatan yang dapat membuka wawasan masyarakat mengenai perkembangan digitalisasi, khususnya dalam bertransaksi, sehingga dapat mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. 

[cut]

Kepala BI Sumut Doddy Zulferdi, Kepala BI Sibolga Aswin Kosotali bersama Bupati Toba dan Bupati Tapsel memukul Gong pertanda dibukanya Tortor Digifest 2022 di Samosir. (foto:mm/jhonny simatupang)
"Selain membuka wawasan, berbagai rangkaian pada Tortor Digifest, seperti Lomba Karya Tulis Jurnalistik dan Ilmiah, Talkshow, Bazar, Digital Award, dan hiburan lainnya, kami harapkan juga turut memeriahkan rangkaian acara Road to FEKDI 2022 di wilayah Sumut," tukas Doddy. 

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno, menyampaikan apresiasinya yang setinggi-tingginya kepada BI Sibolga dan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) dan Samosir serta seluruh pihak terkait atas terselenggaranya Tortor Digifest 2022 di Samosir dalam rangka meningkatkan penggunaan sistem pembayaran berbasis digital untuk meningkatkan perekonomian daerah.

"Saya harapkan kegiatan ini dapat menghasilkan hubungan sinergi dan kolaborasi seluruh stake holder serta meningkatkan akseptasi keuangan digital di Sumut, khususnya di Samosir," katanya. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini