Tim Penilai Desa/Kelurahan Terbaik Provinsi Sumut Kunjungi Desa Sipaku Area di Asahan

Sebarkan:

ASAHAN (MM) - Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Sekretaris PMD Provinsi Sumatera Utara, Drs. Marzuki, M.AP beserta Tim Penilaian Lomba Desa/Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara melakukan penilaian lapangan ke Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, sebagai salah satu peserta lomba desa/ kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, Jumat (22/07/2022).

Kehadiran Rombongan Tim Penilai Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara disambut Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Buwono Prawana , SIP, MSi didampingi Kepala Dinas PMD Kab. Asahan Suherman Siregar SSTP, Pengurus PKK Kabupaten Asahan, Forkopimcam Kecamatan SP. Empat, Kepala Desa Sp. Empat Abdul Paya Harahap, SPd, MM.

Pelaksanaan penilaian desa dan kelurahan terbaik di kabupaten/kota tingkat Provinsi Sumatera Utara, merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/ kelurahan yang dilakukan setiap tahun.

Bupati Asahan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Buwono Prawana, SIP, MSi  menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya Desa Sipaku Area Kecamatan Sp. Empat menjadi Desa terbaik tingkat Kabupaten Asahan tahun 2022 maka ditetapkan pula Desa Sipaku Area  untuk mewakili Kabupaten Asahan  mengikuti Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara. 

Buwono juga mengatakan bahwa beberapa keunggulan yang di miliki Desa Sipaku Area sehingga ditetapkan untuk mengikuti Lomba tingkat Sumatera Utara antara lain, keberhasilan dalam melaksanakan PPKM di Masa Pandemi Covid 19, penerapan sistem pelayanan satu pintu secara luas kepada Masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik, Desa Sipaku area adalah Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang ditetapkan tahun 2020 kerjasama Pemkab Asahan dengan BNN Kabupaten Asahan, tingkat partisipasi Masyarakat dalam pembangunan sangat tinggi yang dibuktikan dengan pembangunan Cor beton jalan setapak dan hibah lahan oleh masyarakat.

Dengan keunggulan tersebut, Buwono berharap Desa Sipaku Area , Kecamatan Simpang Empat nantinya menjadi Desa Terbaik tingkat Sumatera Utara tentunya dengan Evaluasi, Masukan dan Saran dari Tim Penilai Provinsi Sumatera Utara.   

Sementara itu Ketua Tim Penilai Desa/Kelurahan Terbaik Provinsi Sumatera Utara Drs. Marzuki, MAP mengatakan Evalusi yang dilakukan pada hari ini bertujuan  untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang.

Penilaian yang dilakukan, lanjut Marzuki adalah  dengan melihat paparan ekpose dari Kepala Desa Sipaku Area Abdul Paya, SPd, MM beserta ekpose dari Ketua TP PKK Desa Sipaku Area dan sekretaris LPM Desa  dengan tampilan vidio inovasi dan kegiatan desa. 

Selanjutnya tim Evaluasi yang di pimpin Drs. Marzuki, MAP melakukan penilaian dengan memberi pertanyaan - pertanyaan kepada Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua TP PKK dan para kader PKK mengenai Desa Sipaku Area untuk dijadikan nanti sebagai dasar penilaian dalam menetapkan Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara. (ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com