Momentum Muharam, Afandin Tepung Tawari 160 Jamaah Haji di Jentera Malay Rumah Dinas

Sebarkan:
Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH, menepung tawari jamaah haji di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati. (foto/ist)
PLT Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH, melakukan tepung tawar 160 jamaah haji yang sudah kembali ke kampung halaman. Pelaksanaan digelar bertepatan dengan peringatan I Muharam 144 Hijriah. Afandin berharap jamaah haji menjadi haji mabrur serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Kegiatan yang bertema “”Melalui spirit muharram kita jaga Langkat religius, dan selamat kepada jamaah haji semoga mabrur sepanjang hayat” dihadiri para OPD, Camat, hingga tokoh masyarakat, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati, Rabu (3/8/2022)

Syah Afandin merasa bangga dan senang para jamaah haji pulang ketanah air bertepatan dengan 1 Muharram yang menjadi tahun baru Islam. Ini momentum baik, namum tidak banyak yang memaknai ini. Ia berharap predikat haji tidak hanya cuma dijadikan sebagai gelar, meski masyarakat kebiasaannya memanggil dengan sebutan Pak Haji ataupun Bu Hajah. "Gelar itu tidak menjadi tujuan utama kita," sebutnya. 

Afandin ingin para jamaah haji berperilaku semakin baik, bertutur bahasa semakin sopan, semakin gampang berempati, semakin besar kepedulian kepada orang-orang lemah yang membutuhkan perhatian. Serta semakin menjaga waktu-waktu shalatnya, serta semakin mampu menjadi contoh teladan di tengah-tengah pergaulan sosial. 

Menurutnya jika disadari hal itu, sungguh menjadi tantangan dan beban tersendiri bagi mereka yang telah berhaji. "Jadi harus menunjukkan dan menjaga perilaku lebih baik, dan lebih baik lagi. Jangan sampai menjadi cibiran dan bahan ceritaan negatif bagi orang-orang lain, sebab tidak sesuainya perilaku yang ditampilkan dengan gelar haji yang melakat di diri," tandasnya. 

Sementara itu, Plt Asisten I Pemerintahan Amril, SSos, MAP, mengatakan dari jumlah jamaah haji Kabupaten Langkat tahun 1443 Hijriah/2022 M berjumlah 160 orang, tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7. Semuanya telah kembali ke tanah air pada 30 Juli 2022.

Pelaksanaan tepung tawar jamaah haji merupakan budaya adat kebiasaan masyarakat melayu, sebagai wujud tanda syukur kepada Allah SWT dan bahagia atas kepulangan para jamaah. 

Seorang jamaah haji Mursalin SAg pada kesempatan ini menyampaikan salah satu kenangan unik saat akan melaksanakan ibadah haji yang dilaksanakan 43 hari, yaitu mendapatkan bekal bumbu pecal dan sambal teri dari Plt Bupati Langkat. Hal ini merupakan obat rindu pada tanah air dan memacu semangat para jemaah. 

Kegiatan dirangkai tausiah yang dibawakan Ustadz Prof. Dr. Muzakkir, MA, Guru Besar UINSU. Ia mengajak agar PNS maupun tenaga honorer dijajaran Pemkab Langkat menghentikan semua pekerjaan saat terdengar kumandang adzan untuk bersama mendirikan sholat berjamaah.

Ia juga menyarankan agar banyak mendatangi dan mengikuti majelis-majelis ilmu. Serta menjalankan hidup dengan berguna bagi orang banyak. 

Turut hadir Plt Ketua TP PKK Langkat Hj Endang Syah Afandin, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Hakim PN Zainal Hasan SH MH, Analis Kebijakan Ahli Utama dr H Indra Salahudin MKes MM, Kakan Kemenag Langkat H Ainul Aswad SAg MA. 




Kepala Perangkat Daerah jajaran Pemkab Langkat, para Camat se Langkat, Dirut PDAM Herman Sukendar Harahap, Ketua MUI Langkat H Ahmad Dian LC MA, Ketua IPHI Langkat H Irfan Yusuf, perwakili Ketua  Persid Katika Candra Kirana Kaorcabdim 0203/LKT, perwakili Ketua Bahyangkari Cabang Langkat dan lainnya.(mm/ril)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini