Balon Kades di Paluta Ikuti Mental Ideologi, Tes Tertulis dan Wawancara

Sebarkan:

Para Cakades Paluta mengikuti seleksi penilaian mental dan idiologi. (foto:mm/ist)
PALUTA (MM) - Sebanyak 326 bakal calon kepala desa yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, mengikuti seleksi penilaian mental ideologi yang dilaksanakan di Aula PMD Paluta, Paranginan, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (13/9/2022).

Kaban Kesbangpol Paluta Darman Hasibuan MAP mengatakan pelaksanaan tes mental ideologi ini bertujuan untuk menguji pengetahuan seputar mental ideologi, dan wawasan kebangsaan serta kemampuan dan kedisiplinan balon kades.

"Test mental ideologi ini dibagi dalam dua sesi, yakni tes tertulis dan interview atau wawancara langsung, dan wajib diikuti oleh seluruh balon kades. Jika ada yang tidak mengikuti tahapan seleksi ini maka dinyatakan gugur," ujarnya.

Mantan Kasatpol PP Paluta ini menyebutkan, dari 328 balon kepala desa yang terdaftar ada 2 orang yang tidak hadir tanpa alasan, sehingga jumlah pesertanya hanya 326 peserta.

Sementara itu, Kadis PMD Paluta Yusuf MD Hasibuan MAP didampingi Kabid Pemdes M Sukri Nasution mengatakan, tes mental ideologi ini merupakan tahapan pelaksanaan Pilkades.

"Peserta yang dinyatakan lolos tes dapat ditetapkan sebagai calon kades untuk mengikuti pertarungan pilkades di desa masing-masing," kata dia. (Yasir Harahap)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com