Pemkab Asahan Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2022

Sebarkan:
ASAHAN (MM).- Sebanyak 307 dari 89 Desa yang mengikuti Pilkades Serentak tahun 2022 menggelar Pilkades Damai di Gedung Olah Raga (GOR) Rambate Rata Raya, Senin (5/9/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Asahan Suherman Siregar, menjelaskan, desa sebagai otonomi memiliki peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut calon kades 307 orang maka untuk memahami tahapan selanjutnya dan  menciptakan  iklim yang sejuk saat Pilkades perlu dilaksanakan deklarasi damai.

“Maksud dan tujuan deklarasi untuk mensukseskan Pilkades sesuai undang-undang. Menciptakan Pilkades Jujur, Aman, Adil dan berkualitas serta menjaga situasi yang tertib dan kondusif,” ungkapnya.

Deklarasi Pilkades Damai dihadiri Forkopimda, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, jajaran OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades.

Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, balon cakades mendatangani komitmen bersama komitmen di kain putih.

Seluruh Calon Kepala Desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa Serentak bergelombang membacakan Deklarasi yang dipimpin Calon Kepala Desa Buntu Pane, Manten Aperi Simbolon dan diikuti peserta Calon Kepala Desa.

Kapolres Asahan AKBP. Roman Smaradhana, berharap semoga pelaksanaan Pikades Serentak bergelombang dapat berjalan Aman, Tertib dan Damai.

Dijelaskannya, beberapa langkah dalam menciptakan Pilkades yang aman, tertib dan damai, salah satu langkah yang diambil adalah satu Desa Satu TPS, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan Pelaksanaan Pilkades agar pelaksanaan dapat berjalan Kondusif,Aman dan bermartabat.

Sementara itu,  Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dan Forkopimda mengucapkan selamat kepada para  calon Kepala Desa.

“Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan hari ini  seluruh calon sengaja dikumpulkan, ini  dimaksudkan Lanjut Bupati, guna melaksanakan Deklarasi Damai, kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi dan komitmen Para Calon Kades guna mewujudkan Pilkades yang demokratis dan bermartabat. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan pilkades yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

“Saya titip kepada bapak ibu calon kades agar bisa membangun situasi yang kondusif di wilayahnya masing-masing. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan visi misi tunjukan bahwa wilayah para calon Kades mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik,” katanya.

Bupati  menambahkan bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, konflik, tentunya kalah menang  hal yang biasa. Bupati menghimbau agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades sebab keputusan sudah diatur oleh yang di atas.

“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, untuk bisa bergandeng tangan dalam  mensukseskan Pilkades serentak yang akan di Gelar Tanggal 07 September 2022. Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran semangat kekeluargaan bisa mewujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” pungkasnya. (ismanto)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com