Perpustakaan Bank Indonesia - UMSU Gelar Bedah Buku 'Greta di Negeri Raksasa''

Sebarkan:

MEDAN (MM) - Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar acara bedah buku " Creta di Negeri Raksasa' Karya Fenny Irawati Sabtu (29/10/2022) siang di Gedung Perpustakaan Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara di Jalan Kapten Mukhtar Basri No3 Medan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Doddy Zulverdi diwakili Asisten Direktur Kehumasan KPw BI Provinsi Sumatera Utara Jazari Abdul Hamid dalam kata sambutannya mengatakan  yang saya banggakan,

Mahasiswa Relawan Perpustakaan BI, Relawan Perpus UMSU serta para Mahasiswa/i yang hadir di ruangan Perpustakaan BI Corner UMSU hari ini.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya yang tiada henti kepada kita semua, Dimana saat ini, kita masih diberi kesempatan bertemu dan bertatap muka.

Hadirin sekalian,Acara Bedah Buku ini merupakan program rutin Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang diadakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, Perpustakaan BI Sumut melalui Relawan Perpustakaan BI Sumut berkolaborasi dengan Relawan Perpustakaan UMSU untuk mengadakan kegiatan Library Talk’s yang dilaksanakan hari ini secara daring di Perpustakaan BI Corner UMSU. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan usia produktif yang kontributif, inovatif dan kolaboratif yang partisipatif terhadap perubahan saat ini serta untuk membumikan sastrawan lokal Sumatera Utara. 

Adanya Litalk’s ini juga diharapkan mampu membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca, memahami dan menyaring informasi mengenai buku anak yang dibutuhkan dalam upaya pengambilan referensi yang tepat untuk anak, selain itu acara Library Talk’s ini juga diharapkan menjadi sarana untuk lebih mengenalkan Perpustakaan kepada masyarakat, khususnya di Sumatera Utara.

Hadirin yang yang Berbahagia,Perpustakaan KpwBI Sumut berdiri sejak tahun 1991 yang pada saat ini memiliki koleksi tercetak sekitar lebih dari 17.000 eksemplar antara lain Publikasi BI berupa laporan, statisk dan jurnal, buku teks dari penerbit nasional dan internasional, majalah dan koran. Perpustakaan juga memiliki koleksi multimedia berupa kaset statitik, buku digital, dan kaset pembelajaran.

Di samping itu, Perpustakaan Bank Indonesia memiliki aplikasi yang terhubung dengan seluruh Perpustakaan Kantor Perwakilan dalam pemanfaatan koleksi bahan pustaka agar terpusat dan tersistem. Aplikasi tersebut bernama iBI Library, yang dapat di unduh melalui handphone dan PC Desktop. Di dalamnya, Perpustakaan BI Sumut memiliki ruang khusus yakni ePustaka KPw BI Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah koleksi mencapai 3.645 judul/eksemplar dan akan terus ditingkatkan mengingat kemudahan akses dan sifatnya yang praktis juga gratis. Sehingga masyarakat dapat membaca kapanpun dan dimanapun berada.

Kami berharap, dengan semakin banyaknya koleksi digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, akan memudahkan pemustaka (pengguna perpustakaan) dalam menelusuri informasi yang dibutuhkan. Sehingga penyebaran literasi dapat terus ditingkatkan.

Hadirin sekalian, Perpustakaan KPwBI Prov. Sumut merupakan perpustakaan khusus yang melayani pegawai BI Sumut maupun masyarakat luar dengan memberikan pelayanan terbaik dalam hal mendukung kebutuhan pemustaka (Pegawai Bank Indonesia, Mahasiswa, Pelajar, Wirausahawan). Perpustakaan BI Sumut diharapkan menjadi semangat baru bagi para pembaca maupun penulis dan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Hadirin yang Berbahagia,Penyelenggaraan Library Talk’s ini kita lakukan sebagai wadah bagi masyarakat dalam menumbuhkan kemampuan untuk memilah dan menentukan mana informasi yang seharusnya diterima dan dijadikan pedoman dalam menghadapi situasi finansial sehari-hari.

Melalui gerakan ini telah banyak kegiatan yang dilakukan baik secara daring maupun luring tujuannya adalah agar masyarakat Indonesia dapat memberantas rendahnya minat baca. 

Sebagai penutup kata, diiringi doa dan harapan, serta semangat untuk terus meningkatkan literasi di masyarakat, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan melakukan hal-hal yang positif.

Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Narasumber hari ini, juga MC dan Moderator acara serta seluruh panitia yang sangat luar biasa mempersiapkan kegiatan Library Talk’s ini.

Sementara itu Kepala Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin menambahkan,  Perpustakaan merupakan jantungnya instansi, serta  mendukung percepatan pembuatan skripsi sehingga mahasiswa tidak mengeluh dalam mencari bahan pembuatan skripsi, kemudian perpustakaan juga hendaknya yang benar benar membuat mahasiswa menjadi betah, untuk mencari berbagai bahan keilmuan.

Sehingga terwujud sebagai pusat peradaban dalam mencari berbagai sumber ilmu, setelah kata sambutan acara diisi juga dengan bedah buku "Creta di Negeri Raksasa" dengan narasumber langsung penulis buku Creta di Negeri Raksasa' Fenny Irawati dan dipandu Satrawan Sumut Tanwirul Manar.

Acara juga diisi dengan tanya jawab dan pembagian souvernir dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, bagi penanya dan penjawab terbaik. (Ahmad Rizal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini