Program Jokowi Tingkatkan Kepuasan Masyarakat

Sebarkan:
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto/ist)
JAKARTA (MM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai punya program-program yang mampumeningkatkan tingkat kepuasan masyarakat. Hal tersebut tergambar pada survei yang dilakukan oleh Populi Center.

Peneliti Populi Center, Usep Saepul memberikan apresiasi kepada program Jokowi dalam menangani krisis. Menurut dia, pada bulan Agustus dan September pemerintah dihadapkan pada keputusan yang sulit yang berpotensi menggerus kepuasan masyarakat, seperti kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Namun, menurut Usep, Jokowi mampu mengantisipasi penurunan kepuasan tersebut dengan mengambil kebijakan yang strategis.

“Kenaikan ini karena antisipasi-antisipasi pemerintahan yang cukup baik, dinilai baik oleh masyarakat. Misalnya dalam konteks BBM,” ucap Usep dilihat dari kanal Youtube Populi Center, Jumat (28/10).

Dia menjelaskan, pada saat mau kenaikan harga BBM memang muncul berbagai gejolak. Tetapi, menurut dia, pemerintah cerdik mengantisipasinya agar kepuasan tidak turun bebas dengan memberikan bantalan sosial.

“Sebelum diumumkan tanggal 3 September, ada wacana gonjang-ganjing dan 30 Agustus sudah dibagikan dengan sentuhan Presiden sendiri. Ini akibat antisipasi pemerintahan yang bagus atas persoalan yang muncul,” jelas Usep.

Berdasarkan survei Populi Center, 41,7 persen menyebut pemberian bantuan sosial pemerintahan Jokowi sangat memberikan manfaat. Pada survei tersebut, tercatat kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi mencapai angka 65,9 persen, angka yang naik dari beberapa bulan terakhir. (mm/rel)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com