Tekan Inflasi, Pemkot Sibolga Gelar Operasi Pasar

Sebarkan:

Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan bersama Kapolres meninjau Operasi Pasar di Kelurahan Pancuran Dewa, Kamis (17/11/2022). (foto:mm/jhonny simatupang)
SIBOLGA (MM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga menggelar operasi pasar (OP) untuk menekan laju inflasi sekaligus menjaga stabilitas harga pasar di daerah itu. 

Kegiatan itu digelar di empat kecamatan dengan produk dagangan berupa 2.800 paket barang bersubsidi, seperti beras 10 kg, minyak goreng 2 kg, dan gula pasir 2 kg.

“Tadi sudah kita sampaikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) supaya kegiatan ini dilakukan seminggu sekali hingga menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” kata Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, kepada wartawan, usai meninjau kegiatan OP di Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas, Kamis (17/11/2022).

Ia mengakui, intervensi harga tersebut dilakukan Pemkot Sibolga berdasarkan rekomendasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sibolga bekerja sama dengan badan urusan logistik (Bulog) dan juga para produsen lainnya.

Sementara bahan kebutuhan pokok lain yang kerap menjadi penyumbang inflasi, seperti cabai merah, bawang merah dan lainnya, akan dilakukan bila komoditas tersebut mengalami lonjakan harga.

“Tentu, harus ada laporan dari inspeksi pasar nantinya. Apabila bawang dan cabai naik, kita akan melakukan intervensi harga,” kata Jamal.

Pada Oktober 2022 lalu, Kota Sibolga tercatat mengalami deflasi 1,09 persen (mtm). Tetapi secara tahunan, Kota IHK ini mengalami inflasi 5,64 persen (yoy). Sedangkan secara tahun kalender mengalami inflasi sebesar 4,97 persen (ytd).

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja pun, mendukung penuh langkah yang dilakukan Pemkot Sibolga dalam menjaga stabilitas harga melalui OP tersebut. 

Menurutnya, sebagai satuan tugas (Satgas) Pangan, pihaknya akan senantiasa berintegrasi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam pelaksanaan OP. 

"Sehingga, harga bisa stabil dan masyarakat tidak kesulitan mendapatkan sembako menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Taryono. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com