TNI - Polri di Sibolga Upacara Hari Pahlawan dari dalam Laut

Sebarkan:

Personil TNI/Polri dan PNS Sibolga dan Tapteng turun ke laut mengikuti Upacara Hari Pahlawan 10 November di Pulau Poncan, Rabu (10/11/2022). (foto:mm/ist)
SIBOLGA (MM) - Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berlangsung unik. Para peserta mengikuti upacara dari dalam Perairan Laut Pulau Poncan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022 yang digelar Korem 023/KS dan dipimpin oleh Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, sebagai Inspektur Upacara (Irup) tersebut, melibatkan sedikitnya 1.000 perserta, baik dari TNI, Polri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Veteran, gabungan nelayan dan masyarakat Sibolga dan Tapteng, serta dihadiri Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Dody Triwinarto.

Menurut Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, peringatan Hari Pahlawan 10 November ydi Perairan Laut Pulau Poncan Sibolga ini merupakan kali pertama diadakan di Kota Sibolga dan Tapteng.

“Ini sejarah baru setelah beberapa tahun Sibolga dan Tapteng berdiri dan dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh pihak. Dan ini merupakan inisiasi dari Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Dody Triwinarto,” ungkap Cahyo, dalam keterangannya usai upacara.

Selain pembuktian sejarah, ucap Cahyo, upacara yang sifatnya maritim ini juga mengandung pesan-pesan khusus. Hal itu terlihat dari posisi para peserta dalam upacara. 

"Sebagaimana tadi, pasukan berada di depan, nelayan di belakang. Itu merupakan pesan nasional, karena adanya sengketa Pulau Pasir dengan Australia. Kita sebagai garda terdepan pertahanan negara, menyampaikan bahwa ini adalah milik kita,” tukasnya.

Sementara itu, 300-an nelayan tradisional Sibolga dan Tapteng menyampaikan rasa bangga dan haru mereka bisa bersama-sama TNI dan pihak-pihak lainnya mengikuti upacara itu. 

"Sebagai nelayan kecil, kami tentu bangga dan terharu, karena kami tidak menyangka dapat mengikuti Upacara Hari Pahlawan bersama TNI," ungkap H Sitohang (46), salah seorang nelayan tradisionil Sibolga usai mengikuti Upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan oleh Korem 023/KS di Pulau Poncan, Sibolga, tersebut. 

Sitohang yang mewakili rekan-rekannya sesama nelayan ini, lantas mengucapkan terima kasih kepada Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Dody Triwinarto, yang telah mengikut sertakan mereka, para nelayan, pada Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022.

"Soalnya, ini suatu penghargaan dan sejarah yang tidak bisa kami lupakan sepanjang hidup kami," ucapnya.

Menurut Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Dody Triwinarto sendiri, pelibatan nelayan pada Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022 ini, selain untuk menumbuhkan semangat Pahlawan di diri para nelayan, juga untuk mengangkat harkat dan martabat nelayan. Selain itu, para nelayan dinilai merupakan pejuang, karena bertaruh nyawa di lautan untuk keluarga dan negara.

"Untuk itu, mari jadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan ini sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para Pahlawan, dan bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI, seperti tema Hari Pahlawan kali ini," tukas Dody.

Selepas upacara, Danrem 023/KS, Kolonel Dody bersama Forkopimda Sibolga dan Tapteng kemudian memberikan tali asih kepada para Veteran Sibolga dan Tapteng. 

Pemberian tali asih tersebut sebagai bukti penghargaan generasi muda atas  perjuangan para pejuang kemerdekaan dan pejuang keluarga. (jhonny simatupang) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini

 
Desain: indotema.com